Gigi geraham terasa ada sariawan dan kelenjar getah bening membesar. Apakah infeksi gusi?

AO Info Penanya: AO, Wanita, 17 Tahun
Selamat pagi saya mau bertanya, gigi geraham saya di belakangnya pas itu terasa seperti sedang sariawan. Akan tetapi, saya curiga karena kelenjar getah bening pada leher saya sedikit mengalami pembesaran. Apakah itu adalah infeksi gusi? Bagaimana cara mengatasinya? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, AO

Sakit gusi biasanya akibat radang gusi atau gingivitis. Pada kasus lanjut bisa mengakibatkan gigi tanggal. Berawal dari berkumpulnya bakteri dan sisa makanan membentuk plak dan kemudian mengakibatkan infeksi di sekitarnya termasuk gusi.

Gusi yang meradang, akan membengkak dan mudah berdarah ketika disikat. Bila terbentuk nanah di dalam gusi bisa menyerupai sariawan. Ada beberapa kondisi yang menyebabkan nyeri gusi yang terjadi secara tiba-tiba seperti impaksi makanan yang tersangkut di sela gigi. Begitu juga kalau sudah ada infeksi bakteri atau virus bisa mengakibatkan nyeri yang tiba-tiba.

Untuk mengatasinya harus menghilangkan penyebabnya seperti gigi berlubang, plak atau karang gigi. Sebaiknya periksa langsung dengan dokter gigi. Karena plak dan karang gigi tidak mudah hilang hanya dengan sikat gigi.

Berbagai Perawatan dan Obat Gusi Bengkak yang Disarankan Dokter Gigi

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gigi tonggis bisa dirawat dengan kawat gigi cekat maupun lepasan

Jenis Perawatan Gigi Tonggos yang Efektif agar Gigi Kembali Rapi

Gigi tonggos masih bisa dirawat selama Anda mengikuti prosedur yang benar dari dokter gigi. Selain kawat gigi dengan bracket, gigi tonggos juga bisa dirawat dengan kawat gigi lepasan, hingga operasi.