Gigi geraham bolong, gusi bengkak, harus bagaimana?

EC Info Penanya: EC, Pria
Dok, izin bertanyaaa. Gigi geraham saya yg bagian bawah kmrin ada yg kecabut sedikit (1/4 dari gigi saya) dan jadinya bolong gitu. Sekarang gigi geraham saya tinggal setengah lebih dan gusi saya bengkak. Apakah gigi saya harus dicabut atau bisa dilakukan metode lain? Dan bagaimana perawatan yg harus saya lakukan agar tidak memperparah gigi saya ( saya belum pergi ke dokter gigi krna dokter gigi didaerah saya sedang tidak buka praktek)? Terimakasih , Dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, EC.

Gigi adalah organ penting yang berfungsi untuk mengoyak dan mengunyah makanan, agar makanan lebih mudah dicerna ketika masuk ke sistem pencernaan. Benih gigi mulai timbul sejak di dalam kandungan, yang keluar satu demi satu sampai usia enam tahun dalam bentuk gigi susu. Seiring berjalannya waktu, gigi susu akan tanggal satu per satu dan digantikan oleh gigi permanen.

Jumlah gigi permanen pada orang dewasa adalah 32, yaitu 8 gigi seri, 4 gigi taring, dan 20 gigi geraham. Semua gigi tersebut bisa memiliki gangguan, terlebih bila ada penumpukan plak. Plak adalah sisa makanan yang bercampur dengan air liur dan bakteri, yang bisa memicu penyakit gigi seperti abses, berlubang (bolong), ataupun gusi bengkak.

Terkait kondisi yang Anda alami, kemungkinan besar gusi bengkak dipicu oleh gigi geraham yang bolong. Apakah gigi geraham Anda masih bisa ditambal atau harus dicabut, harus ditentukan dengan pemeriksaan terlebih dahulu. Anda bisa berkonsultasi kepada dokter gigi ketika nanti wabah COVID-19 sudah mereda, untuk mengetahui penanganan yang tepat terhadap gigi geraham Anda.

Untuk mengurangi nyeri, sementara Anda dapat mencoba berkumur dengan air garam dan mengonsumsi obat antinyeri yang dijual bebas sesuai dosis, contohnya parasetamol. Selain itu, jangan lupa untuk menyikat gigi dengan cara yang benar agar tidak memperparah kondisi gigi Anda, dan mencegah penyakit pada gigi yang lainnya.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gusi bengkak pada anak dapat disebabkan oleh abses gigi dan radang gusi.

Cara Mengobati Gusi Bengkak pada Anak yang Efektif dan Tepat

Cara mengobati gusi bengkak pada anak yang efektif, haruslah sesuai dengan penyebab awalnya. Gusi bengkak pada anak, bisa disebabkan oleh abses gigi maupun radang gusi.