Gigi geraham apa bisa ditambal?

RB Info Penanya: RB, Pria, 17 Tahun
Hai dok, gigi geraham saya berlubang dan lubangnya sudah menyentuh bagian lembek gigi Apakah gigi saya harus dicabut atau tidak, tolong dijawab dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi RB,

Gigi geraham merupakan gigi yang sangat kuat tertanam di gusi karena memiliki akar berkaki 3 yang menancap ke gusi.

Masalah-masalah yang sering muncul pada gigi geraham adalah :

  • Gigi berlubang. Karena letaknya yang dibelakang sehingga sikat gigi sulit menjangkau sela-sela gigi dan sering ada sisa-sisa makanan yang menyangkut di sela-sela gigi.
  • Impaksi gigi. Hal ini disebabkan karena gigi bungsu tidak memiliki tempat gusi yang cukup untuk tumbuh sehingga pertumbuhannya akan miring atau malah tidak tumbuh samasekali sehingga sering menimbulkan keluhan sakit gigi.

Bila gigi geraham Anda berlubang dan sudah menyentuh bagian gusi, kemungkinan gigi geraham Anda sudah tidak memungkinkan untuk ditambal, sehingga perlu dicabut agar tidak menjadi sumber bakteri.

Namun sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter gigi untuk memastikan kondisi gigi Anda.

Sementara itu Anda bisa rutin kumur menggunakan air hangat yang sudah dicampur sedikit garam, dan minum paracetamol untuk meredakan nyerinya sementara waktu. Dan pastikan untuk menghindari makanan yang manis-manis dan lengket. Usahakan makan makanan yang lunak agar gigi tidak semakin sakit.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengobati sakit gigi ada yang alami maupun dengan obat

Pilihan Cara Menghilangkan Sakit Gigi Permanen

Ada banyak cara mengobati sakit gigi mulai dari yang alami hingga dengan obat. Berkumur air garam, kompres dingin, hingga minum obat pereda nyeri bisa jadi solusi sementara untuk meredakan sakit gigi, sebelum perawatan bisa dilakukan oleh dokter.