Gigi geraham sakit apa perlu dicabut?

WS Info Penanya: WS
Umur saya 15 tahun dok,gigi Geraham Bungsu bagian bawah saya itu sangat sakit,nyeri,bahkan bila gigi bagian atas menyatuh dengan bagian bawah itu akan terasa sangat sakit,tapi bila menelan ludah tidak sakit,apakah gigi geraham bungsu itu bisa saya cabut dok? Apakah tidak ada dampak pada mata atau otak saya? Atau gigi itu tidak usah saya cabut? Apakah saya obati saja dok? Pliss di jawab dok,saya sangat perlu jawaban dokter,terima kasih???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang WS,

Gigi geraham ketiga atau gigi bungsu adalah salah satu gigi yang seringkali menimbulkan masalah karena tumbuhnya paling akhir sehingga seringkali tidak kebagian tempat untuk tumbuh, sehingga pertumbuhan gigi tersebut akan miring. Posisi gigi yang tumbuh miring ini seringkali menimbulkan peradangan pada gusi dan timbul rasa nyeri yang kambuh-kambuhan. Dalam dunia medis, pertumbuhan gigi geraham yang miring ini disebut dengan istilah impaksi gigi dan seringkali membutuhkan prosedur pencabutan gigi agar tidak sering menimbulkan keluhan nyeri.

Perihal gigi yang nyeri tentu saja perlu ditangani dengan cara:

  • Minum paracetamol untuk meredakan nyerinya.
  • Kumur menggunakan air hangat dan beri sedikit garam.
  • Hindari makanan yang keras.
  • Sebisa mungkin mengunyah dengan gigi pada sisi yang tidak sakit.

Pada umumnya pencabutan gigi dilakukan bila gigi sudah tidak terasa nyeri, namun perlu diperhatikan apakah gigi tersebut memang perlu dicabut akibat posisinya yang miring, atau cukup ditambal bila masalahnya pada gigi yang berlubang saja.

Lakukan pemeriksaan ke dokter gigi agar bisa ditangani dengan baik.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat sakit gigi untuk ibu hamil harus didapatkan dengan resep dokter

Obat Sakit Gigi untuk Ibu Hamil Tidak Boleh Sembarangan

Tidak semua obat sakit gigi untuk ibu hamil itu aman. Para calon ibu perlu memahami anjuran obat sakit gigi yang benar agar keselamatan ibu maupun janin selalu terjaga.