Cara mengatasi gusi yang robek

TD Info Penanya: TD, Pria, 19 Tahun
Dok saya mau bertanya , gusi tempat bertumbuhnya gigi geraham bungsu saya terasa nyeri dan ketika menelanpun terasa sakit dan ketika saya lihat terdapat robekan pada gusi , saya sudah mengalami hal ini selama 3 hari , dan apa tindak lanjuti untuk menangani hal ini dok ? terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, T.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Gusi yang robek merupakan suatu kondisi dimana gusi sedang mengalami suatu masalah sehingga mengakibatkan robekan atau luka pada gusi. Penyebab dari gusi yang robek, yaitu radang gusi, gusi bengkak, abses pada gigi, dll. 

Untuk mengatasi hal ini, yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Mengkonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol.
  • Melakukan kompres dengan es batu di gusi yang robek.
  • Penambalan gigi.
  • Operasi gigi geraham bungsu.

Semua tindakan diatas dapat dilakukan jika Anda sudah melakukan pemeriksaan ke dokter gigi dulu sebelumnya. Untuk itu, saran saya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter gigi agar dapat diperiksa secara langsung dan diberikan terapi yang tepat. 

Sebagai pencegahan, ke depannya Anda harus menjaga kebersihan gigi dan gusi Anda dengan rutin melakukan pemeriksaan ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali, rajin membersihkan karang gigi, tidak sering mengkonsumsi makanan yang manis, dan rutin menyikat gigi. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Retakan pada gigi dapat membuat lapisan gigi menjadi lebih sensitif terhadap suhu panas dan dingin

4 Penyebab Gigi Ngilu Selain Gigi Sensitif dan Gigi Berlubang

Gigi ngilu dapat menghambat aktivitas, terutama saat makan dan minum. Penyebab gigi ngilu, antara lain gigi retak, resesi gusi, abses gigi, dan radang gusi. Keempat gangguan gigi terebut dapat menyebabkan peradangan pada saraf yang memicu rasa ngilu di gigi.