Apakah gigi tidak rapi boleh dicabut?

RN Info Penanya: RN, Wanita, 14 Tahun
Dok,saya mau nanya umur saya 15th,saya mempunyai gigi yg tdk rapi di bagian depan di atas,ke belakang 2 kedepan satu yg di tengah,Nah saya ingin merapikannya tpi dgn cara gimana?Misal saya mencabut 3" nya apakah boleh?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, RNM.

Gigi adalah organ terkuat dalam tubuh manusia. Sejak dalam kandungan, benih gigi sudah terbentuk, yang akan keluar sebagai gigi susu satu per satu sampai usia 6 tahun. Setelah itu, gigi susu akan tanggal dan digantikan oleh gigi permanen sampai usia rata-rata 12 tahun.

Terkadang, gigi akan tumbuh dengan tidak sempurna, misalnya maju ke depan atau ke belakang seperti yang Anda alami. Untuk merapikan gigi yang tidak rata, biasanya seseorang disarankan menggunakan kawat gigi. Apabila ternyata tidak bisa, baru akan dicabut dan diberikan gigi palsu.

Nah, untuk mengetahui apakah gigi Anda bisa dirapikan dengan kawat gigi atau harus dicabut, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter gigi terlebih dahulu. Dokter akan memeriksa langsung kondisi gigi dan gusi Anda, dan menentukan tindakan yang tepat.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan gigi dengan menggosoknya secara teratur dengan cara yang benar. Selain itu, membersihkan sela-sela gigi dengan dental floss juga dapat mencegah penumpukan plak (sisa makanan) berlebih. 

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salep untuk berengan di bibir, disesuaikan dengan penyebab awal munculnya luka di sudut bibir

Dari Banyak Obat Berengan di Bibir, Mana yang Paling Manjur?

Obat berengan di bibir yang paling ampuh biasanya berbentuk salep. Namun jenis salep itu sendiri ada bermacam-macam, sehingga Anda perlu mengetahuinya sebelum memilih yang paling tepat untuk kondisi berengan yang dialami.