Gigi depan goyang, apa yang harus dilakukan?

DA Info Penanya: DA, Wanita, 15 Tahun
gigi depan sy sakit karena goyang gimana ngatasinnya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, D.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Gigi depan atau gigi susu merupakan bagian dari susunan gigi yang dimana fungsinya untuk mengigit makanan. Penyebab dari gigi yang goyang adalah cedera, terlalu sering menggertakan gigi, penyakit gusi, osteoporosis, diabetes, kehamilan, dan gigi susu yang belum lepas.

 Jika gigi depan goyang, maka tindakan yang akan dilakukan adalah dengan mencabutnya. Tindakan pencabutan gigi ini hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi. Jadi alangkah baiknya jika Anda segera berobat ke dokter gigi. Setelah dicabut, maka gigi akan tumbuh menjadi gigi tetap. Tetapi, jika gigi tetap yang dicabut, maka akan diganti dengan gigi palsu di bagian depan. Gigi yang goyang apapun itu kondisinya harus dilakukan pencabutan karena jika dibiarkan akan mengganggu aktivitas mengunyah Anda sehari-hari. Untuk mencegahnya, hindari makanan yang manis-manis, rajin menggosok gigi, rutin melakukan pemeriksaan gigi paling tidak enam bulan sekali ke dokter gigi, dan rajin membersihkan karang gigi.

Salam sehat, 

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

kerak gigi dapat memengaruhi penamilan Anda

Cara Menghilangkan Kerak Gigi yang Mudah di Rumah

Cara menghilangkan kerak gigi perlu untuk diterapkan untuk menghindari berkembangnya kerak gigi menjadi tartar yang dapat memicu kerusakan gigi dan gusi. Cara menghilangkan kerak gigi yang paling sederhana adalah dengan menyikat gigi dan melakukan flossing.