Gigi ditambal sementara dan terasa sakit, dan berubah pikiran ingin dicabut.

DO Info Penanya: DO, Wanita, 2019 Tahun
Ass, dok saya skit gigi ujung kanan bawah saya sdng melakukan penambalan smntara tp sakitnya luar biasa ke kepala, yg saya mau tanyakan apakah stlah penambalan smntara kita berubah pikiran pngnnya gigi di cabut ? Sblm di tambal permanen Mksh sblm nya dok.. Mohon jwbnya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, DO

Terima kasih atas pertanyaannya.

Sebetulnya bila gigi terasa nyeri itu menunjukkan gigi masih vital dan dapat dipertahankan. Karena fungsinya penting bukan hanya untuk estetika tapi juga untuk fungsi mengunyah. Pada saat Anda dipasang tambalan sementara, biasanya dilakukan perawatan akar gigi terutama untuk mengurangi nyeri dan mengobati radang serta infeksi. Nyeri setelah penambalan adalah hal yang umum terjadi karena setelah ditambal gigi anda akan lebih sensitif terhadap makanan atau minuman panas dan dingin, suhu udara dan tekanan saat mengigit. Biasanya nyerinya akan hilang setelah beberapa minggu.

Pada saat jadwal kontrol kembali dengan dokter gigi Anda, akan dilakukan pemeriksaan ulang daerah yang sakit dan bila sudah siap akan dipasang tambalan permanen. Untuk mengurangi nyeri berarti Anda perlu menghindari makanan/minuman panas dan dingin. Gunakan pasta gigi untuk mengurangi nyeri pada gigi sensitif. Gosok gigi Anda secara perlahan. Anda juga dapat menggunakan obat nyeri yang dijual bebas untuk mengatasinya. Berikut saya juga lampirkan artikel mengenai prosedur pencabutan gigi bila anda memutuskan untuk mencabut gigi.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kebiasaan menyikat gigi yang buruk merupakan contoh penyebab abrasi gigi

Selesaikan Masalah Abrasi Gigi Anda dengan Penanganan Ini

Abrasi gigi biasanya disebabkan oleh menyikat gigit atau pengunaan tusuk gigi yang salah. Kondisi ini dapat ditangani dengan dua cara, salah satunya penambalan gigi. Untuk mencegahnya, cari pasta gigi yang digunakan dengan sesuai kondisi gigi.