Gigi depan berlubang apa bisa ditambal?

SU Info Penanya: SU, Pria, 15 Tahun
Gigi depan saya sedikit berlubang dan hitam . Apakah bisa d tambal secara permanen dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SU,

Gigi berlubang adalah salah satu penyakit gigi yang sering dialami. Hal ini terjadi karena kurangnya menjaga kebersihan gigi dan adanya rasa takut untuk periksa ke dokter gigi, sehingga orang seringkali menunda-nunda untuk melakukan pemeriksaan ke dokter gigi. Dan kondisi penundaan ini bukannya menyelesaikan masalah, namun akan semakin memperburuk kondisi gigi dan lubang akan semakin besar.

Di saat lubang sangat besar dan dalam, maka akan menimbulkan nyeri gigi yang tidak tertahankan dan barulah orang tersebut memberanikan diri untuk periksa ke dokter gigi. Dokter akan mengusahakan untuk menambal gigi tersebut, namun bila kondisinya sudah parah dan tidak memungkinkan untuk ditambal, maka dokter akan terpaksa mencabut gigi tersebut. Karena bila gigi berlubang dibiarkan justru akan menjadi sumber infeksi.

Tambalan permanen akan dilakukan bila dokter gigi sudah yakin sudah tidak ada proses infeksi pada giginya. Sehingga yang perlu Anda lakukan adalah segera periksa ke dokter gigi untuk penanganan lebih lanjut. Dan pastikan untuk rutin menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur, serta menghindari makanan yang manis dan lengket.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada banyak manfaat daun sirih bagi kesehatan Anda

5 Manfaat Daun Sirih bagi Kesehatan Tubuh Anda

Manfaat daun sirih untuk kesehatan mulai dari mengatasi diare hingga menyehatkan vagina serta aman dikonsumsi tiap hari, baik sebagai pembungkus makanan maupun air rebusan.