Benjolan di langit-langit mulut, apakah torus palatinus?

SU Info Penanya: SU
Malam Dok..d langit langit mulut saya ada benjolan agak keras klw d sentu lidah agak sakit ,itu apa ya Dok..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, SU.

Torus palatinus adalah benjolan yang terdapat pada langit-langit mulut, yang tertutup oleh selaput mukosa dan pembuluh darah. Benjolan dapat berjumlah satu ataupun lebih, biasanya berukuran kecil (kurang dari 2 cm), dan bentuknya bisa lonjong maupun agak datar. 

Penyebab Torus Palatinus

Sampai saat ini, torus palatinus dianggap sebagai variasi normal bentuk tulang langit-langit mulut. Tetapi, para ahli memperkirakan ada beberapa hal yang mungkin menjadi pemicunya, yaitu:

  • Mengonsumsi vitamin D yang terlalu banyak, dimana vitamin D penting bagi pertumbuhan tulang
  • Memiliki kepadatan tulang yang terlalu tinggi
  • Gerakan rongga mulut saat mengunyah terlalu kuat, yang dilakukan berulang-ulang
  • Faktor genetik

Torus palatinus biasanya tidak menyebabkan rasa nyeri, kecuali apabila disentuh dan ditekan secara berlebihan. Dengan demikian, hal ini biasanya akan dipantau tanpa penanganan khusus, karena jarang sekali menyebabkan komplikasi.

Tetapi, apabila benjolan tersebut semakin membesar, atau disertai rasa nyeri hebat, maupun kondisi tidak bisa mengunyah makanan dengan baik, sebaiknya periksakan segera ke dokter gigi. Dokter mungkin akan melakukan CT scan atau rontgen mulut, untuk mengetahui apakah itu benar torus palatinus atau penyebab lainnya, seperti kanker mulut. Lalu, dokter akan menentukan terapi yang sesuai.

Untuk sementara, hindari menekan benjolan sekalipun dengan lidah. Konsumsi makanan yang tidak terlalu keras agar tidak memberikan tekanan pada benjolan tersebut. Selain itu, berkumurlah dengan air garam secara teratur agar kebersihan rongga mulut senantiasa terjaga. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Fluoride dapat mencegah gigi berlubang

Fluoride untuk Kesehatan Gigi: Manfaat dan Kontroversinya

Fluoride dikenal sebagai kandungan yang digunakan dalam kesehatan gigi. Mineral ini dapat membantu menguatkan enamel yang merupakan lapisan paling luar gigi.