09 May 2021, 00:05Gigi & Mulut

Gigi bungsu dicabur bersamaan apakah akan tumbuh lebih bagus?

SL
Info Penanya: SL, Pria0
saya telah mencabut empat gigi bungsu, yang ingin saya tanyakan apakah susunan gigi sy akan berubah? seperti gigi akan mundur ke belakang mengisi tempat gigi bungsu?
47 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo S,Gigi bungsu adalah gigi yang terletak di gusi pada posisi paling belakang, dan normalnya terdapat 2pasang gigi bungsu yang akan tumbuh ketika seseorang mulai menginjak usia 20 tahun keatas. Namun karena tumbuh belakangan, umumnya saat gigi ini sudah waktunya tumbuh, gigi bungsu tidak mendapatkan ruangan yang cukup di gusi sehingga cenderung mendorong gigi lain dengan arah tumbuh yang tidak normal dan kelainan ini disebut juga dengan impaksi.

Gigi bungsu dicabut

Jika Anda melakukan pencabutan pada gigi bungsu yang tumbuh tidak normal, maka umumnya daerah tersebut akan tetap kosong dan gigi lainnya tidak akan bergeser untuk menutupi daerah yang kosong tersebut. Hal ini umum terjadi karena sebelum gigi tersebut tumbuh pun, selama ini daerah itu memang tidak terisi oleh gigi. Ada atau tidaknya gigi bungsu tidak akan mempengaruhi fungsi gigi sehingga mencabut gigi ini hampir tidak akan memberikan dampak apapun. Untuk penanganan setelah mencabut gigi bungsu, lakukan kontrol ke dokter gigi terutama jika ada keluhan, bersihkan gigi dan lakukan perawatan gigi secara teratur, serta perbanyak konsumsi makanan kaya vitamin D dan kalsium.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
kesehatan gigigigi bungsuimpaksi gigi bungsu
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil