Gigi berlubang terasa nyeri saat digunakan untuk mengunyah

II Info Penanya: II
dokter gigi saya berlubang terus klau buat makan sakit sklai..apa solusinya doketer?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, IJ

Rasa sakit yang muncul pada gigi berlubang saat digunakan mengunyah, disebabkan karena terbukanya lapisan dalam gigi yang disebut dengan dentin. Dentin merupakan lapisan yang sangat sensitif terhadap berbagai rangsang nyeri seperti:

- makanan dan minuman yang terlalu panas dan dingin
- tekanan dari pengunyahan
- hembusan udara atau angin

Selain itu, apabila gigi yang berlubang sudah sangat besar atau dalam, maka lubang bisa jadi sudah mengenai saraf gigi. Saraf gigi yang terbuka akibat lubang, lama kelamaan bisa meradang dan mengalami infeksi di ujung akar yang disebut abses. Abses akan terasa nyeri jika disentuh atau ditekan dengan tangan maupun dengan tekanan yang datang dari gerakan pengunyahan.

Agar tidak sakit lagi saat mengunyah, Anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter gigi agar selanjutnya bisa dilakukan perawatan seperti penambalan. Saat gigi yang berlubang ditambal, maka lapisan dentin yang terbuka tadi bisa kembali tertutup dan terlindungi dari berbagai rangsang nyeri.

Jika rasa nyeri sudah tidak tertahankan, untuk sementara Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri. Namun, konsumsi obat tidak akan menyelesaikan masalah dalam jangka panjang, karena rasa sakit akan kembali muncul saat efek obat sudah hilang.

Semoga membantu,

Salam sehat

drg. Nina Hertiwi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Retakan pada gigi dapat membuat lapisan gigi menjadi lebih sensitif terhadap suhu panas dan dingin

4 Penyebab Gigi Ngilu Selain Gigi Sensitif dan Gigi Berlubang

Gigi ngilu dapat menghambat aktivitas, terutama saat makan dan minum. Penyebab gigi ngilu, antara lain gigi retak, resesi gusi, abses gigi, dan radang gusi. Keempat gangguan gigi terebut dapat menyebabkan peradangan pada saraf yang memicu rasa ngilu di gigi.