Gigi berlubang terasa nyeri, mohon rekomendasinya

MA Info Penanya: MA, Pria, 22 Tahun
Mohon maaf dok sbelumnya,,Gigi saya yg berlubang kok rasanya nyeri terus ya dok ketika tersentuh oleh makanan, mohon rekomendasinya untuk mengatasi hal ini, trimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, MA

Gigi berlubang yang telah mencapai lapisan dalam gigi tentu akan terasa nyeri karena saraf-saraf gigi letaknya disana. Cara mengatasinya juga sangat mudah yaitu dengan berobat ke Dokter Gigi. Biasanya akan dilakukan perawatan akar gigi dan kemudian ditambal agar jaringan saraf tidak ada kontak dengan makanan/minuman yang bisa membuat radang.

Kalau Anda biarkan, infeksinya bisa menyebar ke dalam tulang rahang, gusi dan masuk aliran darah. Komplikasinya bisa menjadi infeksi di tempat lain termasuk jantung. Pasta gigi atau obat kumur gunakan untuk gigi sensitif yang bisa mengurang nyeri. Untuk sementara Anda juga bisa menggunakan obat nyeri yang dijual bebas. Bila belum teratasi Anda bisa ke Dokter Gigi, bila tidak tersedia Anda bisa ke Dokter terdekat untuk diberikan resep obat nyeri yang lebih kuat. Biasanya Anda juga bisa mengurangi nyeri dengan berkumur menggunakan air garam. Lebih lengkapnya bisa dibaca di artikel cara mengobati gigi dalam kondisi darurat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pembersihan karang gigi perlu dilakukan setidaknya setiap enam bulan sekali

Bagaimana Sih Proses Pembersihan Karang Gigi? Yuk, Kenali Lebih Jauh

Pembersihan karang gigi seharusnya rutin dilakukan setiap enam bulan sekali. Cara membersihkan karang gigi yang paling efektif adalah dengan melakukan scaling gigi.