22 Mar 2021, 14:01Gigi & Mulut

Bagaimana tatalaksana gigi berlubang?

PN
Info Penanya: PN, Wanita0
Selamat siang dok, perkenalkan nama saya Puput dari Semarang. Say ingin bertanya, saya mempunyai permasalahan dalam gigi yg sudah lama berlubang. Dan berlubang nya sudah besar. Dan saya mau tny apa bisa gigi yg belubang sudah lama dan besar bisa ditambal, Krn gigi berlubang ada di gigi geraham sehingga berfungsi kan utk mengunyah makanan.
132 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, PTerima kasih atas pertanyaan AndaGigi berlubang dalah kondisi saat adanya bercak kehitaman atau lubang pada gigi. Kondisi ini bisa terjadi karena adanya sisia makanan yang tertinggal pada gigi yang kemudian memicu munculnya bakteri pada rongga mulut. Bakteri ini mengeluarkan zat asam yang bisa merusak lapisan gigi sehingga menyebabkan gigi berlubang.

Tatalaksana yang bisa dilakukan untuk mengatasi gigi berlubang diantaranya adalah:

  • Memberikan lapisan gel flouride, jika kerusakan gigi hany apada lapisan luar gigi
  • Melakukan penambalan gigi
  • Melakukan perawatan saluran akar, jika kerusakan gigi sudah mencapai saluran akar
  • Melakukan tindakan pencabutan gigi, jika kondisi gigi sudah rusak parah
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, tatalaksana yang akan dilakukan oleh dokter gigi terhadap gigi Anda tentunya tergantung dari derajat keparahan gigi berlubang Anda saat dilakukan pemeriksaan. Oleh karena itu, segeralah lakukan pemeriksaan dan konsultasi ke dokter gigi terdekat di wilayah Anda. Tindakan sementara yang bisa Anda lakukan adalah dengan tetap konsumsi makanan sehat bergizi, konsumsi makanan bertekstur lunak untuk sementara waktu jika gigi terasa sakit, jaga kebersihan rongga mulut, minum air putih cukup, biasakan gosok gigi sebelum tidur dan sesudah makan.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
kesehatan gigisakit gigigigi berlubang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil