Gigi geraham jika dicabut apakah bisa tumbuh lagi?

A Info Penanya: A, Wanita, 15 Tahun
Dokter umur saya 16 tahun gigi geraham atas saya berlubang dan belum pernah copot dari kecil, kalau sekarang di cabut kira-kira bakal tumbuh lagi tidak?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore A,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Perlu diketahui sebelumnya, bahwa gigi manusia dibagi menjadi 2 jenis, yaitu gigi susu dan gigi permanen. Gigi susu tumbuh pada saat balita dan akan lengkap pada usia 3 tahun. Kemudian gigi susu ini akan berganti lagi dari usia 6 tahun hingga 13 tahun yang umumnya sudah akan lengkap dengan gigi permanen.

Usia 16 tahun normalnya semua gigi sudah permanen. Sehingga apabila dicabut tidak akan tumbuh kembali. Namun dalam beberapa keadaan, ada juga gigi susu yang masih bertahan dan bila dicabut dapat digantikan dengan gigi permanen.

Untuk gigi yang berlubang parah baik gigi susu maupun gigi permanen, memang salah satu pilihannya adalah dicabut ketika sudah tidak bisa dipertahankan dan perawatan akar tidak bisa dilakukan.

Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, untuk mengetahui kondisi pasti dari gigi Anda sebaiknya lakukan pemeriksaan langsung ke dokkter gigi agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dari anamnesis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang (rontgen) jika diperlukan untuk melihat struktur gigi.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perawatan saluran akar gigi dilakukan dengan cara mengebor gigi agar dokter bisa mengakses bagian yang berlubang

Seberapa Sakit Perawatan Saluran Akar Gigi?

Saat jaringan saraf gigi mengalami kerusakan, bakteri akan berkembang biak dan bisa menimbulkan infeksi. Perawatan saluran akar gigi penting untuk menjaga agar infeksi tidak menyebar lebih parah.