Kenapa gigi tidak tumbuh lagi setelah dicabut?

MA Info Penanya: MA
Dok saya mau tanya kan gigi geraham saya yang kanan berlubang, trs saya cabut tpi kok nggk tumbuh lagi ya dok? Pdhal sebelumya gigi geraham saya yang berlubang blm pernah di cabut & sekarang gigi kiri saya berlubang tidak parah tpi takut klo di cabut nanti tidak tumbuh lagi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, MA.

Gigi adalah organ terkuat pada tubuh manusia. Fungsi gigi adalah untuk mengunyah dan mengoyak makanan, sehingga menjadi bentuk yang lebih halus dan mudah dicerna. 

Pertumbuhan gigi dimulai sejak masa kandungan, dimana benih-benih gigi mulai terbentuk. Pada usia sekitar enam bulan, gigi susu mulai timbul satu demi satu. Akhirnya, di usia enam tahun, gigi susu perlahan-lahan terganti oleh gigi permanen.

Nah, perlu diketahui bahwa jumlah gigi susu dan permanen berbeda. Gigi susu berjumlah 20, sedangkan gigi permanen berjumlah 32. Jadi, ada dua belas gigi yang tumbuh saat dewasa, dimana tidak ditumbuhi gigi susu sebelumnya. Kedua belas gigi tersebut adalah geraham belakang, yang pada masing-masing rahang berjumlah tiga.

Oleh karena itu, terkait kondisi yang Anda sampaikan, ada kemungkinan bahwa gigi Anda yang dicabut tersebut adalah geraham belakang. Sehingga, gigi tidak tumbuh lagi walaupun belum pernah dicabut sebelumnya. 

Untuk gigi Anda yang saat ini masih berlubang, apabila nyeri, Anda dapat berkumur dengan air garam atau mengonsumsi obat antinyeri. Jika tidak nyeri, Anda dapat berkonsultasi langsung kepada dokter gigi, apakah perlu dicabut atau masih bisa ditambal. Sekaligus tanyakan, apakah gigi Anda bisa tumbuh kembali atau tidak. 

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat kumur bermanfaat untuk sedakan sakit gigi, bau mulut, hingga gusi bengkak

Memilih Obat Kumur untuk Sakit Gigi dan Gangguan Rongga Mulut Lainnya

Obat kumur bisa digunakan untuk meredakan berbagai masalah gigi dan mulut, mulai dari sakit gigi, bau mulut, hingga gigi berlubang. Namun, jenis obat kumur untuk mengatasi masalah tersebut jenisnya berbeda-beda jadi Anda perlu mengenali bahannya.