Apakah tindakan yang bisa dilakukan untuk gigi berlubang?

WO Info Penanya: WO
Hallo dok.. Saya mengalami gigi berlubang dan masih kecil berupa bintik bintik. Namun karena gigi saya merasa tidak nyaman (rasanya seperti ada yg gatal di dalam gigi) lalu gigi saya di lubangi dan di tambal. Namun setelah di tambal sampai saat ini saya masih merasa tidak nyaman seperti gigi saya itu rasanya ada yg gatal di dalamnya. Ini kenapa ya dok? Tidak sakit tapi tidak nyaman kalau di biarkan :(
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, W

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Gigi berlubang adalah kondisi dimana ditemukan adanya lubang pada gigi. Adanya lubang ini, berawal dari sisa makanan yang tertinggal pada gigi yang mana kemudian memicu bakteri-bakteri untuk mengeluarkan zat asam dan kemudian membentuk plak pada gigi. Dengan berjalannya waktu, plak-plak tersebut menyebabkan bintik hitam yang dapat membuat gigi menjadi berlubang.

Tanda dan gejala dari gigi berlubang adalah adalnya bintik hitam atau abu-abu pada gigi, gigi terasa sakit, gigi goyang, gigi sensitif, radang pada gusi (ginggivitis), bau mulut, dan lain sebagainya. Terkait dengan keluhan gigi berlubang, perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter gigi. Penanganan yag akan dilakukan oleh dokter gigi, tergantung dari hasil pemeriksaan dan kondisi gigi Anda. 

Adapun beberapa tindakan yang dilakukan untuk gigi berlubang adalah:

  • Pemberian lapisan enamel, dilakukan bila gigi mengalami kerusakan pada tahap awal
  • Dilakukan tindakan penambalan, hal ini terjadi apa bila gigi berlubang sampai dengan lapisan enamel dan dentin
  • Dilakukan perawatan saluran akar, hal ini terjadi apabila terjadi kerusakan pada gigi yang telah menyebar ke pulpa
  • Dilakukan tindakan pencabutan gigi, hal ini terjadi saat gigi sudah dinyatakan rusak parah dan tidak dapat disembuhkan

Terkait dengan keluhan Anda, sebaiknya periksakan kembali gigi Anda ke dokter gigi terdekat agar dilakukan evaluasi terapi dan penatalaksanaan lanjutan bila mana diperlukan. Pastikan Anda tetap menjaga kebersihan rongga mulut, menggosok gigi setiap sesudah makan dan sebelum tidur, gunakan sikat gigi dan pasta gigi yang ssuai dengan kondisi gigi dan gusi Anda, konsumsilah makanan yang bergizi seimbang dan cukupi kebutuhan cairan harian Anda.

Semoga bermanfaat

Salam sehat,

 

dr. Dian

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gigi tonggis bisa dirawat dengan kawat gigi cekat maupun lepasan

Jenis Perawatan Gigi Tonggos yang Efektif agar Gigi Kembali Rapi

Gigi tonggos masih bisa dirawat selama Anda mengikuti prosedur yang benar dari dokter gigi. Selain kawat gigi dengan bracket, gigi tonggos juga bisa dirawat dengan kawat gigi lepasan, hingga operasi.