Apakah gigi berlubang boleh dicabut sendiri?

SF Info Penanya: SF, Wanita, 24 Tahun
Gigi geraham saya berlubang.. Dan sekrg retah.. Setengah retakan itu goyang bgt sekrg. Giginya ngilu sekali. .. Bolehkah saya mencabut sendiri gigi yang goyang itu?Berbahaya kah jika geraham hanya d cabut separuh?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SF.

Gigi adalah salah satu organ terkuat yang dimiliki manusia. Seseorang berusia dewasa memiliki 32 gigi, yang berfungsi untuk mengoyak dan mengunyah agar makanan lebih mudah dicerna ketika masuk ke sistem pencernaan. 

Salah satu masalah yang kerapkali menjadi gangguan kesehatan adalah gigi berlubang. Ketika seseorang makan, sisa-sisa makanan yang menyelip di sela gigi dan tidak dibersihkan secara sempurna akan bercampur dengan asam dan bakteri mulut, dan menjadi plak. Jika plak tidak dibersihkan, plak akan mengikis lapisan gigi perlahan-lahan dan lama-kelamaan membuat lubang pada gigi.

Terkait pertanyaan Anda, apabila gigi Anda berlubang, sebaiknya berkonsultasi kepada dokter gigi. Mencabut gigi sendiri sangat tidak disarankan, karena sisa gigi yang masih tertanam dapat berisiko menyebabkan infeksi lanjutan. Selain itu, tidak semua gigi berlubang akan ditangani dengan dicabut, ada juga yang masih bisa ditambal.

Untuk sementara, Anda dapat mengurangi rasa nyeri di gigi dengan cara berkumur air garam. Atau, Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti parasetamol sesuai dosis. Jangan lupa jika sudah sembuh rajinlah menggosok gigi dengan cara yang benar, ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perawatan saluran akar gigi dilakukan dengan cara mengebor gigi agar dokter bisa mengakses bagian yang berlubang

Seberapa Sakit Perawatan Saluran Akar Gigi?

Saat jaringan saraf gigi mengalami kerusakan, bakteri akan berkembang biak dan bisa menimbulkan infeksi. Perawatan saluran akar gigi penting untuk menjaga agar infeksi tidak menyebar lebih parah.