Apa gigi berlubang harus dipasang gigi palsu?

AS Info Penanya: AS, Pria, 18 Tahun
apakah gigi berlubang dapat di tanam gigi palsu
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, AS. 
Terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ.

Gigi adalah salah satu organ tubuh manusia yang paling kuat. Fungsi gigi adalah untuk menyobek dan mengunyah makanan, sehingga makanan akan lebih mudah dicerna saat masuk ke saluran pencernaan. Manusia dewasa memiliki 32 gigi permanen, dengan komposisi 8 gigi seri, 4 gigi taring, dan 20 gigi geraham.

Perawatan gigi sebenarnya tidak sulit. Cukup dengan menggosok gigi minimal dua kali sehari, gigi dapat terlindung dari masalah seperti plak, gigi berlubang, ataupun abses gigi. 

Nah, apabila seseorang tidak telaten dalam merawat gigi atau menggosok gigi dengan cara yang tidak benar, sisa makanan yang terselip di gigi akan bercampur dengan air liur, asam, dan bakteri di mulut. Sisa makanan tersebut akan membentuk plak, yang lama-kelamaan akan mengikis lapisan gigi dan menjadi gigi berlubang.

Sebelum menentukan apakah pada gigi berlubang Anda bisa dipasang gigi palsu atau tidak, dokter gigi akan melihat derajat lubangnya. Pemasangan gigi palsu biasanya dilakukan apabila gigi sudah keropos dan tidak bisa diselamatkan lagi, sehingga harus dicabut terlebih dahulu. Jadi, sebaiknya Anda berkonsultasi lebih lanjut untuk mengetahui tindakan yang tepat ya. 

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gigi goyang bisa disebabkan oleh penyakit gusi

6 Penyebab Gigi Goyang Pada Orang Dewasa

Gigi goyang pada orang dewasa bisa menandakan adanya masalah kesehatan pada gusi atau gigi. Gigi goyang bisa diakibatkan oleh berbagai hal, seperti penyakit gusi ataupun diabetes.Ketahui berbagai penyebabnya.