Gigi berlubang, harus bagaimana?

FA Info Penanya: FA, Wanita, 22 Tahun
Halo dok, gigi geraham saya sebelah kanan bawah pernah berlubang bagian tengah, dan pernah sakit sampai demam juga, saya bawa ke dokter gigi langganan saya penanganan 1 dibersihkan sepertinya, lalu ditunggu 2 hari dan ditambal. 1 th kemudian, ternyata bagian blkg sblh kiri keropos, lalu td sebelah kanan. Apa langkah yg harus saya ambil ya dok? Kadang bikin ngilu ditambah gigi bungsu saya juga terasa ngilu. Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, FA.

Normalnya, orang dewasa memiliki 32 gigi yang berguna untuk mengoyak dan mengunyah makanan, agar makanan tersebut dapat masuk ke dalam saluran pencernaan sebagai bentuk yang lebih mudah dicerna. 

Nah, ketika ada sisa makanan yang tertinggal pada gigi dalam waktu lama, sisa makanan tersebut akan menyatu dengan air liur, bakteri, dan asam pada rongga mulut dan menjadi plak. Plak tersebut dapat dibersihkan dengan menggosok gigi secara benar. Namun, apabila seseorang malas menggosok gigi atau caranya salah, plak tersebut akan tetap ada dan melengket di gigi, yang lama-kelamaan akan mengikis permukaan gigi. 

Pada awalnya, permukaan gigi yang terkikis adalah bagian paling luar yaitu enamel. Seiring berjalannya waktu, lapisan tengah atau dentin mulai terkikis. Ketika mencapai dentin, gigi yang bolong akan terasa nyeri, kadang bisa disertai dengan demam ringan seperti yang Anda rasakan. Lama-kelamaan, lapisan bagian dalam yaitu bagian saraf juga akan terkikis, yang menyebabkan gigi infeksi kemudian mati saraf.

Terkait kasus Anda, penanganan untuk gigi berlubang tergantung sejauh mana lapisan gigi yang terkikis atau mengalami pengeroposan. Sebaiknya Anda berkonsultasi langsung kepada dokter gigi untuk pemeriksaan, agar dapat ditentukan apakah perlu dilakukan penambalan, pencabutan, atau perawatan saluran akar pada gigi geraham Anda.

Jangan lupa menggosok gigi secara teratur dengan cara yang benar untuk mencegah gigi lainnya bolong ya.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh UH
13 Apr 2020, 22:39
Selamat malam mbak . . Dampak dari gigi kita nyilu itu di sebabkan gigi kurang kalsium di dalam gusi . . Awal d sebakan dari faktor makanan yang k banyakan gula kafe in Wa.081911154699
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit gigi saat hamil disebabkan oleh beberapa faktor

Sakit Gigi Saat Hamil Mengganggu? Tangani Segera dengan Hal Ini

Sakit gigi saat hamil merupakan salah satu masalah yang umumnya terjadi karena beberapa faktor. Jika Anda mengalaminya, jangan sembarangan minum obat karena berisiko menyebabkan keguguran.