Bagaimana cara menangani gigi berlubang?

CN Info Penanya: CN, Wanita, 15 Tahun
Jika gigi depan berlubang/keropos... Apakah bisa kembali seperti semula dengan cara rajin menggosok gigi secara teratur?Gigi saya berlubang akibat memakan daging
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, CN.

Ketika ada sisa makanan tertinggal di gigi, sisa makanan tersebut menjadi asam. Bakteri yang ada di dalam mulut akan mengubah sisa makanan tersebut menjadi plak atau lapisan lengket yang menutupi gigi. Lama-kelamaan, plak akan mengeras dan membentuk karang gigi. Selain itu, asam dalam plak mampu mengikis lapisan terluar pada gigi yang disebut enamel dan menimbulkan lubang. Lubang berkembang ke lapisan dentin, dan pada akhirnya ke pulpa yang mengandung saraf dan pembuluh darah.

Penyebab gigi bolong di antaranya:

  • Terlalu sering mengonsumsi makanan manis dan asam
  • Jarang menyikat gigi, atau menyikat gigi dengan cara yang salah
  • Kondisi mulut yang kering

Terkait pertanyaan Anda, gigi bolong tidak bisa kembali semula walaupun digosok secara teratur. Menggosok atau menyikat gigi dilakukan untuk membersihkan gigi agar terhindar dari masalah gigi berlubang atau keropos, dan bukan untuk mengobati.

Sebaiknya Anda berobat ke dokter gigi untuk mengetahui penanganan untuk gigi Anda. Dokter akan memeriksa sebesar dan sedalam apa gigi Anda. Jika sampai dentin, maka akan dilakukan penambalan. Jika sampai pulpa, maka akan dilakukan perawatan saluran akar. Dan jika rusak parah, maka akan dicabut.

Jangan lupa melakukan hal-hal berikut untuk mencegah agar gigi tidak bolong lagi:

  • Kontrol ke dokter gigi secara rutin
  • Mengurangi konsumsi makanan manis dan asam
  • Menyikat gigi dengan cara yang benar
  • Berhenti merokok dan meminum alkohol

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Terdapat tiga pilihan material yang dapat digunakan dalam tambal gigi berlubang

3 Pilihan Material untuk Tambal Gigi Berlubang, Manakah Pilihan Anda?

Saat gigi berlubang, penambalan gigi merupakan salah satu penanganannya. Pilihan material untuk tambal gigi berlubang adalah resin, amalgam dan emas.