Bagaimana cara mengatasi gigi berlubang dan sakit?

A Info Penanya: A
Dok gigi saya berlubang terus tiba" saya merasakan sakit sampai ketelingan untuk buka mulutpun sakit dan tidak bisa digunakan untuk mengunyah obat apa yang harus saya minum
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang A,

Gigi berlubang adalah salah satu gangguan pada gigi dan mulut yang sering terjadi. Jika gigi berlubang sudah lebih besar dan dalam dapat mengganggu saluran akar dan persarafan sehingga bisa menimbulkan rasa nyeri yang menjalar ke rahang dan sekitar leher atau telinga.

Apabila ada gigi yang berlubang maka perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter gigi, nantinya akan dilakukan pemeriksaan dan juga penangan seperti pemberian premedikasi apabila ada peradangan ataupun tanda infeksi sebelum dilakukan tindakan perawatan, dilakukan perawatan seperti perawatan saluran akar, penambalan gigi, pembersihan karang gigi ataupun jika lubang sudah terlalu besar atau sisa akar saja maka akan dilakukan pencabutan gigi.

Penting untuk menjaga kesehatan dan kebersihan rongga mulut dan gigi agar terhindar dari risiko gangguan kesehatan. Perlu untuk rutin menyikat gigi 2 kali sehari dan sudahi dengan berkumur obat kumur atau membersihkan sela gigi menggunakan benang gigi atau dental floss. Selain itu perlu juga menjaga asupan makanan agar tidak memicu risiko terjadinya gigi berlubang. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gigi ngilu akibat gigi sensitif dapat diatasi dengan menggunakan pasta gigi untuk gigi sensitif

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Akibat Gigi Sensitif yang Tepat

Gigi ngilu akibat gigi sensitif dapat disebabkan oleh abrasi gigi, erosi gigi, gusi yang mengkerut, penyakit gusi, kebiasaan menggertakan gigi atau bruxism, gigi retak, dan pemutihan gigi. Gigi sensitif dapat diatasi dengan menggunakan pasta gigi untuk gigi sensitif, fluoride, perawatan gigi, tambal gigi, dan pelindung gigi.