Bagaimana penanganan gigi berlubang saat menggunakan kawat gigi?

NP Info Penanya: NP
Dok saya mau tanya, saya kan pakai behel dari bulan September 2019, yg sampai skg sudah terhitung 3 bulan pemakaiannya, memang dr sblm pasang behel, ada beberapa gigi saya yg berlubang. Nah skg ini, saya rasa gigi yg berlubang tsb terasa lbh sakit dr biasanya. Apakah jika gigi yg berlubang tsb diatasi dgn cara ditambal atau dgn tindakan lainnya, apa itu bs mempengaruhi proses merapikan gigi melalui pemakaian behel tsb (Dan bagaimana jika yg berlubang tsb sudah sangat parah dan harus dicabut, b?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NP,

Gigi yang berlubang adalah salah satu penyebab tersering seseorang pergi ke dokter gigi, karena sudah tidak tahan dengan sakit giginya. Untuk gigi yang lubangnya kecil, biasanya orang akan meminum obat pereda nyeri saja dan tidak periksa ke dokter. Keluhan sakit gigi memang akan menghilang namun dengan berjalannya waktu maka lubang akan semakin membesar. Ketika lubang sudah sangat besar maka akan semakin sakit dan perawatan yang dilakukan oleh dokter gigi akan semakin lama. Terkadang gigi yang sudah lubang besar tidak memungkinkan untuk ditambal, sehingga harus dicabut.

Gigi berlubang terasa semakin nyeri kemungkinan karena lubang semakin besar atau juga bisa disebabkan karena pemasangan behel mengharuskan gigi ditarik sehingga gigi lebih sensitif dan terasa lebih nyeri.

Mengenai kondisi Anda dimana ada gigi yang berlubang serta menggunakan behel/ kawat gigi, maka tetap saja Anda harus periksa ke dokter gigi. Bila masih memungkinkan, maka gigi akan ditambal. Bila sudah tidak mungkin ditambal, maka gigi akan dicabut sekaligus membetulkan susunan behelnya.

Sementara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi sakit gigi adalah :

  1. Kumur menggunakan air hangat yang sudah dicampur dengan sedikit garam, lakukan sesering mungkin, minimal 4 kali setiap hari.
  2. Hindari makanan keras seperti gorengan.

Namun yang terbaik adalah segera periksa ke dokter gigi agar sakit gigi Anda segera teratasi.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Fluoride dapat mencegah gigi berlubang

Fluoride untuk Kesehatan Gigi: Manfaat dan Kontroversinya

Fluoride dikenal sebagai kandungan yang digunakan dalam kesehatan gigi. Mineral ini dapat membantu menguatkan enamel yang merupakan lapisan paling luar gigi.