Gigi berlubang lebih baik dicabut atau tidak?

N Info Penanya: N
Dok, kalau gigi sudah berlubang parah sampai bagian tengah nya sudah bolong nembus ke gusi, lebih baik di cabut aja atau tidak ya? Tapi kalo dicabut kan sudah gabisa numbuh gigi lagi, nanti ompong dong dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, N.

Terimakasih atas pertanyaannya.

Ada dua solusi untuk mengatasi gigi yang sudah berlubang parah seperti yang Anda sebutkan, yaitu dengan perawatan saluran akar atau dengan cabut gigi.

Perawatan saluran akar bisa dilakukan apabila struktur mahkota dan akar gigi dianggap masih layak dipertahankan. Pada perawatan tersebut, dokter gigi akan mengeluarkan saraf gigi yang sudah rusak atau mati dari akar gigi, dan menggantinya dengan bahan pengganti khusus yang dinamakan gutta percha.

Untuk memasukkan bahan tersebut, kondisi saluran akar perlu benar-benar bersih, sehingga umumnya prosedur ini dilakukan hingga beberapa kali kunjungan.

Setelah saluran akar gigi dirawat, maka dokter dapat menutup lubang tersebut dengan tambal gigi biasa atau dengan mahkota jaket atau crown gigi (semacam gigi palsu yang hanya melapisi bagian mahkota saja).

Jadi, Anda tidak perlu mengalami ompong, seperti yang dikhawatirkan.

Namun, jika kondisi akar gigi dan mahkota gigi dinilai sudah rusak terlalu parah dan tidak bisa lagi dipertahankan, maka mau tidak mau gigi harus dicabut. Idealnya, setelah dicabut, ruang kosong tersebut diganti dengan gigi palsu, sehingga Anda tidak akan terlihat ompong, dan fungsi pengunyahan di rongga mulut tetap terjaga. Semoga bermanfaat.

Salam sehat.

dr. Reni Utari

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gusi bernanah menandakan adanya infeksi bakteri di rongga mulut

Penyebab Gusi Bernanah dan Cara Mengatasinya yang Tepat

Gusi bernanah umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri yang harus segera diatasi. Ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya penumpukan bakteri seperti kebersihan mulut yang buruk, gigi berlubang. Cara mengatasinya adalah perawatan saluran akar, kuret gusi.