Gigi berlubang dan terasa sakit ngilu juga kalau gigi ditekan. Bagaimana capa penanganannya?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 2019 Tahun
Selamat siang dok. Saya mengalami gigi berlubang, sudah beberapa hari ini selalu sakit ngilu sampai sakitnya ke kepala dan telinga. Dan hari ini sakit ngilu berhenti tetapi gigi saya sakit apabila ditekan. Bagaimana penanganan sakit gigi saya inni dok, apakah kalau ditambal tdk mrngakibatkan sakit yg lebib parah dikemudian hari? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SAL

Terima kasih atas pertanyaannya.

Jadi gigi berlubang mulai terasa sakit bila sudah mencapai lapisan pulpa yang mengandung saraf. Nyerinya memang bisa sangat hebat sampai dengan menjalar ke kepala. Lubang pada gigi tersebut akan membentuk plak dimana bakteri akan berkumpul dan mengeluarkan zat asam yang semakin memperluas kerusakan gigi. Bisa jadi terkumpul suatu abses (nanah) di dalam gigi dan bisa juga menyebar ke jaringan lunak sekitar gigi (gusi).

Tujuan penambalan untuk mengurangi sakitnya. Dokter gigi akan membersihkan bagian dalam lubang tersebut bila memang sudah mencapai saraf-saraf gigi maka perlu dilakukan perawatan akar gigi untuk mencegah nyerinya di kemudian hari. Setelah selesai ditangani bagian dalamnya baru dipasang tambalan agar tertutup dan bakteri tidak bisa masuk ke dalam lagi. Setelah itu Anda harus lebih menjaga kesehatan gigi Anda. Berikut artikel mengenai pentingnya menjaga kesehatan mulut.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beragam manfaat siwak untuk kesehatan gigi yang bisa Anda rasakan

5 Manfaat Siwak untuk Kesehatan Gigi Ini Ternyata Terbukti Secara Ilmiah

Dikenal sebagai salah satu bahan alami untuk membersihkan gigi, manfaat siwak untuk kesehatan ternyata tidak cuma mitos. Selain membersihkan gigi, siwak adalah bahan alami yang memiliki kandungan antijamur dan antibakteri. Saat ini, siwak sering dijadikan bahan dasar pasta gigi modern.