Gigi berlubang dan gusi bengkak. Saat ini masih terasa nyeri sampai dengan kepala ikut sakit. Apa solusinya?

NA Info Penanya: NA, Pria, 2019 Tahun
Dokter saya ingin bertanya : saat ini gigi saya ada yg berlubang dan giginya tinggal separo. Karena gusinya Masi bengkak maka dokter gigi tidak mencabutnya. Tapi denyut d gusi setiap hari menyiksa saya. Sampai kepala saya juga ikut sakit. Apa yg harus saya lakukan dok..?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, NA 

Terima kasih atas pertanyaannya.

Nyeri gigi yang sudah mencapai akar gigi memang akan sangat menyiksa. Begitu juga bila gusi di sekitarnya ikut meradang. Tujuan utama mencabut atau menambal gigi berlubang agar mengurangi sakit. Dengan cara perawatan akar gigi dimana letak saraf gigi. Dengan mencabut gigi memang menjadi solusi yang simpel namun secara estetika menganggu penampilan dan proses mengunyah makanan.

Apakah dokter gigi memberi anda obat anti nyeri, obat anti radang dan antibiotika? Bila belum anda bisa kontrol ke Dokter untuk mendapatkan obat tersebut. Anda juga perlu menghindari makanan/minuman dingin atau panas. Serta bisa menggunakan produk pasta gigi dan cairan kumur yang bersifat mengurangi nyeri akibat gigi sensitif. Obat nyeri yang dijual bebas di pasaran juga bisa mengurangi sakit. Bisa juga berkumur dengan larutan garam yang cukup efektif mengurangi sakit gigi seperti pada artikel mengenai cara mengobati sakit gigi dalam keadaan darurat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beragam manfaat siwak untuk kesehatan gigi yang bisa Anda rasakan

5 Manfaat Siwak untuk Kesehatan Gigi Ini Ternyata Terbukti Secara Ilmiah

Dikenal sebagai salah satu bahan alami untuk membersihkan gigi, manfaat siwak untuk kesehatan ternyata tidak cuma mitos. Selain membersihkan gigi, siwak adalah bahan alami yang memiliki kandungan antijamur dan antibakteri. Saat ini, siwak sering dijadikan bahan dasar pasta gigi modern.