Bagaimana mengatasi gigi berlubang dan membersihkan karang gigi?

IM Info Penanya: IM
apa yg saya dahulukan, mencabut gigi atau membersihkan karang gigi ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IM,

Gigi berlubang adalah salah satu masalah gigi yang sering kali timbul dimana dapat dipicu oleh kondisi kesehatan dan kebersihan rongga mulut dan gigi yang kurang terjaga juga bisa dipicu oleh asupan makanan atau minuman seperti misalnya yang manis atau tinggi gula. Karang gigi juga sama dimana tidak jarang kedua masalah ini yang kerap menimbulkan terjadinya sakit gigi sehingga perlu perhatian lebih.

Jika ada karang gigi dan gigi berlubang keduanya sebenarnya bisa dilakukan penanganan secara bersamaan dimana dokter akan melakukan pembersihan karang gigi terlebih dulu dengan metode scalling baru kemudian dilakukan penambalan ataupun pencabutan gigi tergantung dari kondisi gigi, apabila ada permasalahan lain juga dokter bisa melakukan perawatan saluran akar gigi. Untuk itu bisa segera memeriksakan diri pada dokter gigi terdekat untuk dilakukan penanganan.

Upayakan untuk selalu menjaga kebersihan diri dengan rutin menyikat gigi dan menyudahi dengan berkumur cairan antiseptik ataupun menggunakan benang gigi dan lakukan kontrol berkala pada dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Jaga juga asupan makanan dan minuman agar mencegah adanya plak yang bisa berkembang menjadi karang gigi. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Terdapat tiga pilihan material yang dapat digunakan dalam tambal gigi berlubang

3 Pilihan Material untuk Tambal Gigi Berlubang, Manakah Pilihan Anda?

Saat gigi berlubang, penambalan gigi merupakan salah satu penanganannya. Pilihan material untuk tambal gigi berlubang adalah resin, amalgam dan emas.