Gigi berlubang, apakah harus ditambal?

RR Info Penanya: RR, Pria, 23 Tahun
Selamat sore Dokter, Dua minggu terakhir ini gigi saya rasanya sakit sekali. Ternyata setelah lihat kaca, ada gigi berlubang. Pertanyaan saya, Apakah harus ditambal atau ada solusi lain yang tepat untuk hal ini? Mohon bantuannya, terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Yth Bapak RR,

Baik gigi susu pada anak ataupun Gigi tetap, bila berlubang maka tindakan yang dilakukan Doker gigi adalah Penambalan Gigi. Namun bila disertai dengan infeksi di gigi atau gusi, maka Dokter gigi  sebelumnya akan memberikan obat penghilang sakit, antibiotik dan obat anti radang untuk mengobati gigi.

Setelah infeksi reda, maka proses penambalan gigi akan mulai dilakukan. Tergantung dari kedalamannya lubang pada gigi, maka  penambalan gigi dapat langsung dilakukan pada kunjungan awal. Namun ada juga yang dimulai dengan serangkaian Proses Perwatan Saluran Akar (PSA) yang memerlukan 3 sampai 4 kali kunjungan sebelum akhirnya gigi di tambal.

Untuk lebih jelasnya, kami sarankan supaya Bapak mengunjungi Dokter Gigi terdekat di kota Bapak untuk melakukan konsultasi lebih lanjut.

 

Salam Sehat

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Fraktur gigi adalah salah satu kondisi dental yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Fraktur Gigi Ternyata Bisa Ditanggung BPJS Kesehatan, Bagaimana Penanganannya?

Fraktur gigi adalah salah satu kerusakan gigi akibat cedera yang terjadi. Perawatan dan penanganan fraktur gigi bisa ditanggung oleh BPJS Kesehatan pada faskes-faskes.