Gigi berantakan pakai behel ?

TW Info Penanya: TW
Kalo gigi berantakan dan gigi depan naik keatas apa bisa rapi menggunakan behel dok? Sedangkan gigi belakang saya sudah banyak yg bolong
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Hi TW!

Masalah gigi berantakan dapat menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti masalah kosmetik, fungsi mengunyah, dll. 

Pertama, untuk masalah gigi berlubang, saya sarankan segera langsung konsultasikan dengan dokter gigi. Ingat jika gigi berlubang dibiarkan terlalu lama dapat menyebabkan komplikasi yang lebih parah dikemudian hari.

Kedua, apakah dapat digunakan behel? rata-rata usia yang bagus untuk menggunakan behel adalah usia 8-14 tahun dimana pertumbuhan gigi masih ada. Namun pada dewasa masih tetap bisa untuk menggunakan behel tetapi jangka waktunya biasanya lebih lama. Selain itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin memasang behel :

  • komitmen untuk perawatan behel
  • tidak mengganti dokter gigi saat perawatan behel
  • nyeri akan selalu ada dan itu biasa

Namun karena pemasangan behel bukan kompetensi dokter umum, saya sarankan Anda langsung berkonsultasi dengan dokter gigi agar dapat dilakukan pemeriksaan bentuk gigi untuk menentukan apakah dapat dipasang atau tidak. Saya sarankan perbaiki dulu kondisi gigi berlubang Anda sebelum memasang behel.

Salam sehat,

dr. Ramadhan Harya

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Permen bisa menjadi makanan perusak gigi karena memiliki kandungan gula yang tinggi

Sayangi Gigi Anda dengan Mengurangi Konsumsi Makanan Perusak Gigi Ini

Banyak orang menghindari makanan perusak gigi. Padahal, yang menjadi masalah bukan makanannya, tapi seberapa lama gigi terpapar makanan itu. Permen hingga roti seringkali dicap sebagai makanan perusak gigi.