08 Oct 2021, 02:43Gigi & Mulut

Gigi Belubang bagaimana agar tidak tambah besar?

AT
Info Penanya: AT0
Halo dok, saya ingin bertanya. Gigi saya berlubang kecil sebelum ke dokter gigi, agar lubang tidak membesar apakah bisa diantisipasi terlebih dahulu dengan rajin menyikat gigi? Atau lama kelamaan lubangnya pasti akan membesar meskipun rajin menyikat gigi? Terima kasih
99 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo A,Gigi yang kuat memang harus dijaga agar tidak berlubang. Adanya gigi berlubang terjadi karena sisa makanan yang tertinggal pada gigi sehingga menyebabkan pertumbuhan bakteri di bibi yang akhirnya menyebabkan gigi menjadi berlubang. Bakteri ini mengeluarkan zat asam untuk merusak gigi akhirnya gigi akan nyeri dan lubang dapat bertambah besar.

Agar gigi berlubang tidak melebar

Jika kerusakan gigi terjadi pada lapisan luar gigi maka umumnya dokter gigi akan diberikan gel flouride untuk melapisi gigi agar menjadi kuat, namun jika kerusakan gigi sudah cukup dalam maka dokter perlu melakukan penambalan gigi. Jika gigi anda berlubang kecil dan belum mau ke dokter gigi, sikat gigi secara rutin 2x sehari memang dapat mencegah gigi yang berlubang semakin bertambah besar. Namun tidak menutup kemungkinan gigi tetap ajkan terasa nyeri karena rajin sikat gigi saja tidak akan memperbaiki kondisi lubang saat ini.Gigi berlubang jika dibiarkan dan semakin dalam hingga mneyerang akar gigi, maka perlu dilakukan perawatan saluran akar atau bahkan pencabutan gigi. Anda juga dapat melakukan konsultasi terhadap cara mengatasi gigi berlubang secara online dengan dokter gigi dan biasakan gosok gigi sebelum tidur dan sesudah makan.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
kesehatan gigikesehatan mulutgigi berlubang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil