14 Sep 2021, 08:37Kandungan

Gerakan senam ibu hamil 7 bulan

M
Info Penanya: M0
Dok, saya ingin bertanya. Saya ibu hamil yang memasuki usia kandungan 7 bulan. Dari trimester pertama, saya rutin mengikuti olahraga hamil. Namun, semakin besar kandungan, semakin sulit untuk saya mengikuti gerakan olahraga. Jika saya mengikuti gerakan yang lebih banyak, saya mudah sekali lelah. Adakah senam ibu hamil 7 bulan yang mudah untuk saya lakukan? Lalu, untuk usia kandungan yang sudah 7 bulan ini, berapa kali ya Dok, frekuensi untuk mengikuti olahraga hamil? wajib senam nggak dok?thanks
115 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam MHamil usia 7 bulan tentunya kandungan sudah semakin besar dan berat. Kondisi ini juga dimana tubuh ibu semakin mudah lelah dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Manfaat Senam Kehamilan

Senam kehamilan sangatlah baik untuk ibu hamil beserta kandungan. Manfaat senam hamil adalah:
  • Memperlancar aliran darah ibu ke janin
  • Menjaga tekanan darah normal
  • Menjaga gula darah normal
  • Melatih otot-otot dasar panggul untuk memperlancar persalinan
  • Mengurangi stres
  • Menjaga daya tahan tubuh
  • Mempertahankan berat badan yang sesuai
  • Mengatasi sulit tidur
  • Mengurangi bengkak dan resiko preeklampsia

Frekuensi senam ibu hamil 7 bulan yang dianjurkan.

Frekuensi olahraga senam kehamilan yang baik dilakukan adalah 3-4 kali seminggu dengan durasi 30 menit. Intensitas ringan atau beratnya bisa anda sesuaikan dengan kemampuan serta cukupi cairan saat berolahraga dan istirahat yang cukup.

Gerakan senam ibu hamil 7 bulan yang bagus

Ada berbagai gerakan mudah yang bisa anda lakukan. Gerakan tersebut seperti:
  • duduk dan membuka kaki kemudian mencondongkan badan ke depan dan lengan di atas lantai, pertahankan selama beberapa detik
  • tiduran dengan kaki ditempatkan di atas kursi, lengan di atas lantai sebagai tumpuan, kemudian angkat bokong 8 kali
  • menggunakan botol berisi air sebagai barbel
  • duduk di kursi yang empuk, luruskan salah satu kaki, tekuk telapak ke arah tubuh dan tahan beberapa detik
  • melakukan posisi bersila di sofa dengan menyatukan telapak kaki sebagai pendinginan
  • dan masih banyak lagi gerakan senam hamil yang bisa ditemukan
Ibu hamil yang tidak boleh melakukan senam kehamilan adalah bila memiliki riwayat perdarahan atau dengan penyulit kehamilan. Konsultasikan ke dokter kandungan mengenai kondisi anda apakah memungkinkan untuk melakukan senam hamil. Selain itu perhatikan pula asupan nutrisi yang lengkap, suplementasi dan kontrol rutin kandungan.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
menjaga kehamilankesehatan kandunganolahraga ibu hamilkehamilantips olahraga
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil