Gerakan Sehat untuk Pekerja

HN Info Penanya: HN, Pria, 27 Tahun
Selamat sore Dokter,Mohon tipsnya agar bagaimana cara hidup sehat dengan aktivitas pekerjaan yang monoton? Saya dari pagi hari sampai menjelang malam hanya duduk dan memandangi komputer, tidak ada gerakan berat atau keringat yang keluar sama sekali.Tolong dibantu Dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu HN,

Bila pekerjaan mengharuskan Ibu duduk dalam waktu yang lama didepan komputer, maka sebaiknya posisi duduk yang baik dan benar diikuti untuk mencegah terjadinya gangguan pada punggung, pinggang dan leher.

  1. Duduk dalam posisi tegak yaitu dengan mendorong pinggul menjauh dari kursi dan punggung bersandar tegak lurus pada sandaran bangku.
  2. Duduk dengan punggung tegak, dan pastikan tulang punggung dan tulang ekor mendapat sandaran yang baik, dapat dengan menyangga dengan bantal kecil.
  3. Atur posisi bangku, meja dan layar komputer sehingga mata menjadi sejajar dengan layar komputer, tidak terlalu tinggi atau tidak terlalu rendah.
  4. Pergelangan tangan dan tangan bersandar santai diatas meja dan tidak dalam kondisi menggantung.
  5. Kaki dalam posisi memijaklantai tidak menggantung atau menjinjit.

Selain itu ada beberapa hal yang harus dilakukan yaitu :

  1. Perhatikan kondisi komputer, atur layar, ketajaman cahaya dan tulisan yang cukup besar sehingga tidak memaksa mata untuk melihat dan tidak silau.
  2. Setiap 20 menit alihkan pandangan mata dari layar komputer selama 5 menit untuk mengistirahatkan mata.
  3. Regangkan otot kaki dan tubuh dengan cara setiap jam berdiri dan berjalan untuk sekedar mengambil air minum atau ke toilet.
  4. Dapatkan kecukupan olahraga dengan naik turun tangga menggantikan naik lift, atau berjalan ke kantor dari halte bis terdekat.
  5. Tidak bekerja sambil negmil
  6. Selalu dapatkan hubungan sosial dan bangun koneksi yang baik dilingkungan kantor
  7. Latih otak dengan berinovasi dan bangun prestasi baru dalam berkarier sehingga memicu semangat untuk bekerja. Olahraga dan rekreasi tetap dibutuhkan dan dapat diperoleh saat hari libur kantor.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kimchi merupakan salah satu makanan probiotik yang dapat melancarkan pencernaan

11 Makanan Probiotik untuk Lancarkan Pencernaan

Makanan probiotik bukan hanya yogurt saja. Ada berbagai macam makanan probiotik yang mampu membantu pencernaan, seperti tempe, acar, hingga kimchi.