Gerakan involunter pada anak umur 4 tahun 10 bulan

S Info Penanya: S
Halo dok, mau tanya Anak saya umur 4th 10bln, sudah hampir 2mgg ini suka melakukan gerakan involunter.2hari ini sangat intens.kaki tangan dhentakkn, leher digerakkan mulut dan matany dkedipkan.semalam saya bawa ke dokter anak, dikasih obat, ad unsur obat penenang.dia minum obatnya sekitar jm1/2 9 MLM, jm3subuh Bdnny demam. Apa itu efek samping dari obat penenang?ap yg hrs saya lakukan apa harus di teruskan obatny?terima kasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore S,

Keluhan adanya gangguan gerakan-gerakan yang tidak disadari atau tidak terkendali pada anak dapat timbul karena beberapa penyebab seperti adanya

  • Gangguan persarafan
  • Gangguan aktivitas kelistrikan otak
  • Kejang
  • Gangguan pada otot seperti spasme otot atau mioklonus
  • Gangguan elektrolit tubuh
  • Gangguan hormonal seperti gangguan tiroid

Demam sendiri bisa menimbulkan kejang dan memicu gejala tersebut timbul tetapi bukan karena obat tersebut menimbulkan demam. Demam sendiri bisa disebabkan oleh beragam penyebab seperti infeksi baik karena bakteri, virus atau parasit, kekurangan cairan, peradangan sendi dan lainnya. 

Berikan anak lebih banyak minum, kompres anak dengan air biasa atau air hangat, berikan anak obat penurun demam, pantau suhu anak dengan menggunakan termometer secara berkala, dan tetap konsumsi obat yang diberikan dokter sesuai anjuran. Jika keluhan demam masih timbul periksakan kembali pada dokter anak untuk kembali dilakukan pemeriksaan dan pemeriksaan tambahan untuk memastikan kondisi dan penyebabnya.

Jika keluhan gerakan involunter masih terjadi dapat dikonsultasikan pada dokter spesialis saraf agar dilakukan pemeriksaan tambahan seperti misalnya pemeriksaan rekam aktivitas kelistrikan otak atau electroencephalogram (EEG), pemindaian dengan CT scan atau MRI ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kram dan kejang otot pada saat tertidur biasa dialami oleh sebagian orang di area betis hingga telapak kaki

Kerap Kejang Otot Saat Tidur? Tenang, Anda Tak Sendiri

Kejang otot saat tidur sering terjadi pada orang dewasa dan hanya berlangsung sebentar. Salah satu penyebabnya adalah otot yang terlalu tegang. Kejang otot dapat diatasi dan dicegah dengan melakukan stretching.