Gendang telinga rusak, berlubang

S Info Penanya: S, Pria, 44 Tahun
Dear Dokter, gendang telinga saya sebelah kanan rusak parah dan sebelah kiri berlubang. Saya sudah 5 kali ke dokter THT tapi belum sembuh total. Mohon sarannya apa yang harus saya lakukan dan mungkin Dokter bisa kasih saran yang terbaik. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Bpk S,

Infeksi pada telinga tengah yang mengakibatkan robeknya gendang telinga maka prinsipnya adalah untuk penyembuhan infeksinya yang utama. Pemberian antibiotik dan pencegahan kekambuhan infeksi pada telinga adalah hal penting lainnya.

Minumlah obat antibiotik yang diresepkan oleh dokter sampai tuntas. Setelah itu pencegahan infeksi ulang adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh yaitu dengan cara antara lain :

  • Minum suplemen vitamin C 500 mg sehari setiap hari
  • Hindari terjadinya penyakit pilek, flu dan ISPA lainnya
  • Hindari masuknya air ke telinga dengan cara menutup telinga dengan kapas kering saat mandi atau berenang

Setalah infeksi sembuh tuntas, karena pecahnya gendang telinga maka pendengaran akan menurun. Untuk itu diperlukan operasi koreksi gendang telinga atau menambal gendang telinga yaitu yang dikenal dengan nama Miringoplasti. Tujuan operasi ini adalah untuk mencegah infeksi ulang dan meningkatkan daya pendengaran.

Silahkan konsultasikan lebih lanjut dengan Dokter Spesialis THT yang lain untuk mencari saran dan pendapat lainnya.

Salam Sehat

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh YL
23 Jan 2020, 11:15
Dear dokter Gendang telinga sy k 2 nya bolong, trus th 3012 sy prnh oprasi gendang tlinga yg kanan sdngkn yg kiri blm, knp gendang telinga yg telah d oprasi bolong lg ya dok trus apakah syarap pendegsran sy bs notmal kembali, sy mohon saran baiknya dr dokter ,terimakasih seblmnya

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengeluarkan air dari telinga dapat dilakukan dengan menggoyangkan kepala

Bagaimana Cara Mengeluarkan Air dari Telinga?

Air bisa saja masuk ke dalam telinga saat Anda sedang berenang. Cara mengeluarkan air dari telinga secara salah malah dapat meningkatkan risiko Anda terkena infeksi telinga.