Kenapa lemak tidak merata?

AH Info Penanya: AH, Pria, 19 Tahun
Mengapa lemak saya tidak merata seperti sebelah kanan gemuk sebelah kiri nggak dan berat badan saya tidak bertambah padahal gemuk?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AH,

Berat badan ideal memang sangat penting, baik dari segi penampilan maupun untuk kesehatan tubuh. Karena berat badan yang berlebihan atau obesitas akan meningkatkan risiko untuk terjadinya penyakit jantung seperti serangan jantung, diabetes, hipertensi, dll.

Berat badan seseorang juga perlu dibedakan antara lemak, massa otot serta kadar airnya. Pada atlit meskipun berat badannya berat tapi postur tubuhnya akan lebih ramping karena tubuhnya banyak terdiri dari massa otot bila dibanding dengan orang biasa yang jarang atau hampir tidak pernah berolahraga. Pada orang yang jarang berolahraga maka tubuhnya kebanyakan terdiri dari lemak dan air, sehingga akan tampak lebih gemuk dan tidak kencang.

Perihal komposisi lemak yang tidak seimbang antara tubuh kiri dan kanan, biasanya pada anggota gerak sebelah kanan akan lebih besar karena lebih aktif banyak bergerak, kecuali untuk orang yang bertangan kidal maka anggota gerak kiri yang akan lebih besar.

Selain itu bentuk tubuh juga dipengaruhi faktor genetik dimana ada orang-orang tertentu yang lebih cenderung besar di tubuh bagian atas dan lengan, ada yang khusus di bagian perut, atau bokong.

Sebaiknya Anda menjaga pola makan bila ingin menurunkan berat badan atau ingin badan terlihat lebih ramping dengan cara :
  1. Hindari konsumsi gorengan, makanan berlemak, minuman bersoda.
  2. Perbanyak makan sayur dan buah.
  3. Minum air putih secara teratur 2 liter/ hari.
  4. Cukup istirahat dan jangan begadang.
  5. Olahraga secara teratur, minimal 30 menit setiap hari.

Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter gizi perihal pemilihan makanan atau perhitungan kalori yang cocok untuk kondisi Anda saat ini.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AN*
10 Jan 2020, 14:31
<script>alert("hello");</script>
Dibalas oleh AN*
10 Jan 2020, 14:34
hello hello
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hindari cedera dengan melakukan cara melakukan push-up secara tepat

Jangan Hanya Wacana, Lakukan Olahraga 7 Menit Ini!

Lakukan gerakan-gerakan rutin setelah bangun tidur atau sebelum tidur untuk memenuhi kebutuhan tubuh berolahraga, seperti jumping jacks, wall sit, push-up, atau squat. Dengan melakukan beberapa gerakan dalam latihan 7 menit Anda sudah berolahraga cukup untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal.