02 Feb 2021, 14:25Penyakit Lainnya

Apa yang menyebabkan dada berdebar tiap hendak tidur ?

SZ
Info Penanya: SZ0
Siang dok Kenalkan saya Zein 44th. Saya mengalami keluhan dada bedebar kencang sekali saat gagal tidur. Misalnya saat mau TDR siang, terus terbangun sebelum lelap, dada berdebar kencang sekali. Itu selalu terjadi. Gelisah. Tp klo sudah tenang,keadaan biasa lagi. Saya bahkan takut ut tidur karena selalh berdebar saat memejamkan mata. Apakah ada kelainan jantung Bu?
1472 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, S.Detak jantung manusia memiliki irama yang teratur dimana jantung akan berdetak sesuai dengan usia, dimana pada orang dewasa frekuensi detak jantung sebanyak 60 hingga 100 kali dalam tiap menitnya. Detak janung yang semakin cepat lebih dari frekuensi normal akan menimbukan dada yang berdebar.

Apa yang menyebabkan dada berdebar tiap hendak tidur ?

Saat hendak tidur, maka tubuh dalam keadaan lelah, tidak beraktifitas, suasana malam yang sunyi, cahaya redup, sehingga detak jantung lebih terasa dan terdengar. Detak jantung yang semakin cepat terutama saat hendak tidur maupun saat sedang terlelap, bisa disebabkan oleh rasa cemas yang berlebihan akan suatu hal. Misalnya karena penyakit yang diderita, masalah pekerjaan rumah tangga dan pekerjaan kantor, ekonomi yang tidak stabil, hubungan yang tidak baik bersama anak maupun pasangan. Semua faktor ini akan meningkatkan hormon stress di dalam tubuh, sehingga metabolisme juga ikut meningkat, yang menimbulkan rasa berdebar di dada.Rasa berdebar di dada juga dapat disebabkan oleh penyakit seperti kelebihan hormon tiroid, gangguan irama jantung, sumbatan pembuluh darah jantung akibat penumpukan lemak, gula darah yang tidak terkontrol, kekentalan darah, maupun tekanan darah tinggi.

Bagaimana cara mengatasi dada berdebar tiap hendak tidur ?

cara mengatasi dada berdebar tiap hendak tidur antara lain :
  • Menyelesaikan semua masalah hingga tuntas.
  • Mandi dengan air hangat maupun minum segelas susu hangat sebelum tidur.
  • Kontrol emosi dan rasa cemas.
  • Jalani kehidupan dengan ikhlas dan bahagia.
  • Hindari stress.
Jika rasa cemas dan gelisah yang diikuti jantung berdebar tidak kunjung membaik hingga dada terasa berat, kesulitan bernafas, rasa tercekik, menjalar hingga ke rahang dan tangan kiri, segera periksa ke dokter.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
gangguan kecemasangangguan stres akutjantung berdebar
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil