Cemas dan akut mati ketika mau tidur karena kaki selalu terasa sejuk

TB Info Penanya: TB, Wanita, 16 Tahun
Dok,kenapa ya akhir" ini saya kalau mau tidur baru tutup mati kaki saya suka terasa sejuk tapi pas saya sentuh normal ga dingin terus kadang kalo saya tidur seperti ga tidur jadi kalo saya tidur gapernah sampa 7/8 jam karena saya tidur 1jam kemudian selalu bangun dan selalu merasa cemas kadang kalo kaki saya terasa sejukk suka merasa cemas,gelisah takut mati. Saya harus gimana dok?kadang lagi cape pun kalo mau tidur selalu kambuh kaki terasa sejuk dan membuat saya cemas lagi,gelisah takut mati
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang TB,

Kaki dingin bisa dipicu karena suhu ruangan yang dingin, kurang cairan atau dehidrasi, pola makan, masalah sirkulasi darah, atau asupan nutrisi yang kurang baik yang bisa memicu anemia seperti kekurangan vitamin B12, zat besi ataupun kekurangan asam folat.

Sedang mengalami gangguan kesehatan seperti demam, penyakit maag, diabetes, masalah hormon tiroid juga bisa membuat ujung-ujung tubuh terasa lebih dingin.

Rasa cemas dan gelisah ini juga bisa menjadi pemicu sulit tidur atau gangguan tidur lain. Dimana gangguan tidur salah satunya seperti insomnia bisa timbul dengan keluhan sulit memulai tidur, sulit mempertahankan tidur ataupun sulit tidur kembali jika terbangun.

Cara mengatasi kaki dingin 

Untuk itu perhatikan apa yang jadi pemicunya, coba beberapa cara untuk mengatasinya seperti:

  • Buat suhu kamar lebih nyaman tidak terlalu panas atau dingin 
  • Perbanyak minum air putih
  • Makan teratur
  • Kelola rasa cemas agar tidak berlebihan
  • Gunakan kaus kaki jika kaki merasa dingin
  • Gunakan minyak untuk menghangatkan seperti minyak kayu putih atau minyak telon

Jika keluhan cemas mengganggu, ataupun keluhan kaki sering timbul bisa diperikskaan. Baiknya bisa alihkan rasa cemas pada pikiran yang positif. Jika masih sulit mengatasi cemas, selain memeriksakan diri pada dokter untuk memastikan ada tidak keluhan kesehatan fisik, perlu juga melakukan konsultasi pada dokter spesialis jiwa atau psikiater ataupun berkonsultasi pada psikolog untuk masalah psikologisnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat tanah bisa Anda dapatkan dengan bercocok tanam dan berkebun

Mengenal Manfaat Tanah dan Bakterinya untuk Ketenangan Jiwa, Patut Dicoba!

Berkebun telah dikenal menjadi terapi, untuk mengatasi gangguan psikologis. Salah satu alasannya, kegiatan bercocok tanam membuat Anda bersentuhan dengan tanah, yang memiliki manfaat positif untuk jiwa. Manfaat tanah tersebut, termasuk untuk redakan stres, karena sifat antidepresan yang dimilikinya.