03 Nov 2020, 23:23Psikologi

Gelisah, cemas, merasa tidak berguna, dan sering mengurung diri

EG
Info Penanya: EG, Wanita, 19 Tahun
Selamat malam dok, saya ingin bertanya bahwa saya sering merasa gelisah & mengalami kecemasan berlebih yg penyebabnya pun tidak jelas hingga menyebabkan sakit kepala & mual, saya juga sering mengalami perubahan emosi secara tiba² , sering merasa tidak berguna & kesepian disertai emosi yg meluap² terutama saat sendirian & lebih memilih untuk mengurung diri dikamar, saya juga susah tidur & sering terbangun secara tiba² (kaget) dok.. Apakah saya perlu konsultasi dgn psikiater dok? Terimakasih dok.
1653 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam, EG.Gelisah, cemas secara berlebih, merasa tidak berguna, dan sering mengurung diri adalah sekumpulan gejala yang mengarah kepada kondisi depresi. Penderita depresi biasanya lebih memilih untuk sendirian ketimbang bersosialisasi, dan kehilangan minat untuk melakukan segala sesuatu. Terkadang, keinginan untuk mengakhiri hidup karena merasa tidak berguna juga mungkin dialami.Gejala-gejala psikologis tersebut lama-kelamaan akan memengaruhi dan menimbulkan gejala fisik. Beberapa hal yang mungkin dialami adalah sakit kepala, sakit perut, mual, jantung berdebar, atau berkeringat dingin. Sebagai penanganan awal, Anda dapat mencoba untuk melakukan hal-hal berikut:
  • Mencoba terbuka dan berbagi cerita kepada seseorang yang dipercaya, baik sahabat, pasangan, atau orangtua
  • Melakukan aktivitas lain yang menjadi hobi Anda
  • Mencurahkan perasaan melalui tulisan atau gambar
  • Bercocok tanam atau bermain dengan hewan peliharaan
  • Berolahraga di bawah sinar matahari
Apabila tidak membaik dan Anda sudah mengalami gejala-gejala tersebut lebih dari dua minggu, sebaiknya segera periksakan kondisi Anda ke dokter spesialis kejiwaan (psikiater). Nantinya, dokter akan melakukan tanya jawab secara menyeluruh, dan disertai dengan pemeriksaan fisik atau penunjang apabila dibutuhkan. Setelah itu, dokter akan memberikan terapi, baik berupa obat-obatan, psikoterapi, ataupun konseling. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
mengatasi depresidepresimasalah kejiwaanpenyakit kejiwaan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil