21 Nov 2021, 08:05Kandungan

Darah haid sedikit dan perut besar, kenapa?

ZR
Info Penanya: ZR0
Dok, saya umur 14th. 2 minggu kemarin saya melakukan masturbasi, terus seminggu kemudian saya haid tapi darah yang keluar sangat sedikit dari biasa nya dok dan juga tidak menentu keluar darah nya. saya juga merasa perut bawah saya membesar gitu dok, terus pinggang belakang saya juga terasa pegal, dan juga kadang saya merasa kembung.. kira2 knp ya dok??
18 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, ZTerima kasih atas pertanyaannya.Darah saat haid umumnya berjumlah 30-40 ml dengan warna dari mulai merah kemudaan hingga coklat kehitaman.  Darah haid keluar antara 21-35 hari sekali setiap siklusnya. 

Penyebab darah haid sedikit :

  • Usia puber atau menopause. 
  • Kehamilan dan menyusui. 
  • Stres dan cemas. 
  • Obesitas atau badan terlalu kurus. 
  • Gangguan pada rahim. 
  • Masalah di hormon tiroid. 
Jadi jika darah haid sedikit atau kurang dari 30-40 ml ada kemungkinan karena gangguan hromonal akibat faktor masih usia puber sehingga siklus haidnya terganggu.  Selain itu stres, cemas, dan perubahan berat badan juga dapat mempengaruhi darah haid.Perut membesar bisa karena tumpukkan lemak, kurang bergerak, masalah di pencernaan, tanda mau haid.  Begitupun kembung juga bisa karena pola makan sembarangan sehingga menganggu pencernaan.  Terkait punggung bawah sakit bisa karena postur tubuh kurang baik, duduk terlalu lama, gangguan ginjal atau saluran kemih, dan masalah di saraf tulang belakang.  Sementara ini bisa kompres handuk hangat, jaga berat badan seimbang, kelola stres, hindari begadang, hindari duduk terlalu lama, dan aktif olahraga.Di usia yang masih muda ini ada baiknya pula menjauhi aktivitas seksual dalam bentuk apapun termasuk masturbasi.  Hal ini dimaksud agar tidak menimbulkan kecanduan masturbasi, penyakit di kelamin dan risiko melakukan aktivitas seksual lainnya.  Belajar yang benar, aktivitas yang bermanfaat, membantu orang tua dan membuat bangga orang tua itu jauh lebih baik.  Ajak orang tua periksa ke puskesmas atau dokter jika perut semakin membesar disertai mual dan muntah.  Anda dapat membaca beberapa forum terkait haid sedikit seperti berikut :Semoga penjelasan ini bermanfaat. Salam sehat,dr. Farah
siklus haidgangguan pencernaangangguan menstruasiperut kembungmasturbasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil