Apa gejala perforasi usus?

A Info Penanya: A, Wanita, 14 Tahun
Dok, apa saja sih gejala dari usus bocor?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A.

Perforasi usus adalah kondisi ketika usus memiliki lubang atau luka pada dindingnya, yang menyebabkan kebocoran. Perforasi usus dapat disebabkan oleh kondisi peradangan yang sudah ada sebelumnya, atau karena cedera seperti tembakan atau tusukan pisau. 

Gejala perforasi usus adalah:

  • Nyeri perut yang memburuk saat ditekan. Jika perforasi terjadi pada usus kecil, maka nyeri akan datang tiba-tiba. Sedangkan jika pada usus besar, nyeri akan bertahap.
  • Tampak tonjolan pada perut
  • Keringat dingin
  • Mual dan muntah
  • Terkadang disertai keringat dingin dan gejala syok lainnya

Perforasi usus adalah kondisi gawat darurat dan harus ditangani secepatnya. Hampir tidak ada kasus perforasi usus yang bisa sembuh dengan sendirinya. Oleh karena itu, apabila Anda mengetahui ada seseorang yang mengalami perforasi usus, sebaiknya bawalah orang tersebut segera ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) rumah sakit terdekat. 

Nantinya, dokter yang menangani akan melakukan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan, misalnya CT scan. Setelah tegak diagnosis perforasi usus, akan direncanakan operasi dengan dokter spesialis bedah untuk menutup lubang tersebut, atau mengangkat bagian usus yang bolong jika tidak bisa ditutup.

Untuk itu, selalu lakukan pola hidup sehat, terutama konsumsi makanan bergizi dan hindari junk food agar usus selalu menyerap zat gizi yang dibutuhkan. Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menahan BAB dan menahan kentut akan memberikan dampak bagi kesehatan, misalnya menyebabkan feses menjadi keras dan juga menimbulkan rasa tidak nyaman

Ini Alasan Kenapa Menahan BAB atau Menahan Kentut Tidak Disarankan

Kebiasaan menahan BAB dapat menyebabkan konstipasi hingga hilangnya kemampuan otot rektum untuk merasakan sensasi ingin BAB.