Gejala types dan demam tidak turun

WA Info Penanya: WA, Wanita, 2019 Tahun
Dok saya ingin tnya.. Anak saya umur 1 tahun 8 bulan kmrn saya sudah berobat, di nyatakan anak saya kena gejala tipes ringan. Sudah di kasih obat tetapi panas nya tidak turun turun apa saya harus balik lagi atau nunggu obat nya abis dulu dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, WA

Infeksi  types atau sering disebut demam typhoid disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonela typhy, biasanya menyerang saluran cerna.

Pada anak dengan types umumnya menunjukkan gejala demam naik turun yang sering naik saat sore dan malam hari, anak juga biasanya mual dan muntah, sulit buang air besar, mencret,  lemas dan tidak mau makan minum.

Pada types pemberian obat demam seperti parasetamol dapat menurunkan panas jika diberikan sesuai dosis, namun tidak dapat menghilangkan sumber infeksi bakteri typhy.

Jika memang ada demam typhoid, anak anda perlu mendapatkan antibiotik untuk menghilangkan bakteri tersebut.

Selama demam saya sarankan anak anda untuk lebih sering diberi minum air, kompres kepala, konsumsi makanan yang lunak.

Segera periksakan anak anda dengan dokter untuk memastikan benar terdapat infeksi types atau karena infeksi lain dan kebutuhan pemberian antibiotik lebih lanjut

Semoga anak anda segera sembuh.

Salam sehat,

dr. Zulham

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jangan salah mengenali penyakit tipes dan tifus karena keduanya berbeda

Penyakit Tipes dan Penyakit Tifus: Namanya Serupa, Tapi Tidak Sama

Penyakit tipes dan penyakit tifus bisa memiliki gejala yang mirip. Penularannya pun sama-sama terjadi di tempat dengan kebersihan yang tidak terjaga. Tapi kedua penyakit ini sebetulnya berbeda. Apa sajakah perbedaannya?