Gejala terlambat datang bulan, apa penyebabnya jika tidak ada tanda kehamilan?

KN Info Penanya: KN
Mau tanya dokApa aja sih gejala penyebab terlmbat dtang sdangkan sudah d cek tidak ada tanda kehamilan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, KN

Terlambat datang bulan jika menstruasi tidak datang setelah 21-35 hari /3-5 minggu setelah menstruasi sebelumnya. Apakah kejadiannya sering pada wanita, tentu saja karena menstruasi tergantung dari siklus haid. Siklus haid dipengaruhi oleh kadar hormon. Kadar hormon dipengaruhi oleh faktor fisik dan faktor psikis dari wanita tersebut.

Penyebab paling sering tentu saja kehamilan, selain itu banyak hal lain yang bisa menyebabkan keterlambatan menstruasi. Dari ketidakseimbangan hormon sampai dengan penyakit yang serius. Misalnya penggunaan kontrasepsi hormonal sebelumnya dari yang jenis pil, suntik maupun IUD/spiral. Faktor stres karena mempengaruhi juga organ yang menghasilkan hormon yang mengatur menstruasi. Kelelahan yang berlebihan juga berpengaruh, serta kehilangan lemak tubuh atau perubahan berat badan yang drastis. Berat badan ekstrim, terlalu kurus atau obesitas juga bisa mempengaruhi hormon. Serta gangguan pada tiroid yang mempengaruhi metabolisme tubuh termasuk siklus haid.

Gangguan pada organ kandungan sendiri seperti endometriosis atau PCOS juga bisa mengakibatkan gangguan siklus haid dan menstruasi. Dapat konsultasi langsung ke Dokter Kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut seperti USG (ultrasound) atau laboratorium.

Tak Hamil, tapi Terlambat Menstruasi? 7 Hal Ini Mungkin Jadi Penyebabnya

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tak hanya memberi warna dan aroma pada masakan, daun panda memiliki banyak manfaat untuk kesehatan

Si Hijau yang Wangi, Manfaat Daun Pandan Bahkan Bisa Cegah Kanker

Daun pandan tak hanya memberi aroma pada masakan tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan. Kabar baiknya, manfaat daun pandan bisa diperoleh tanpa takut ada efek samping.