Gejala tbc pada anak 4 tahun bisa menular ke bayi?

AP Info Penanya: AP, Wanita, 24 Tahun
Apakah tb paru primer pada anak 4thun bisa menular ke bayi dibawah 1tahun ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AP,

Penyakit tuberkulosis anak adalah infeksi Mycobacterium tuberculosis yang seringkali didapat dari faktor lingkungan seperti misalnya jika ada orang dewasa di sekitarnya yang mengalami infeksi TBC yang kemudian menularkan pada anak Anda.

Apabila anak mengelami TBC maka jika memiliki saudara atau anak lain dalam 1 rumah akan dilakukan pemeriksaan dan pemberian profilaksis ataupun pengobatan untuk pencegahan agar tidak tertular infeksi TBC tersebut. Memang jika infeksi TBC terjadi pada anak tidak seinfeksius jika terjadi pada dewasa tetapi bukan tidak mungkin untuk bisa menularkan pada orang lain.

Untuk itu penting melakukan pemeriksaan apabila ada orang serumah yang memiliki gejala mirip TBC seperti batuk lama lebih dari 3 minggu, batuk berdarah, penurunan berat badan, demam tanpa sebab jelas, benjolan di kelenjar getah bening dan keluhan lain. Bawa anak Anda yang berusia 1 tahun agar dilakukan penilaian apakah berisiko mengalami infeksi TBC dan diberikan penanganan seperti salah satunya pemberian profilaksis untuk mencegah penularan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Seperti halnya orang dewasa, tetanus pada anak juga disebabkan oleh bakteri Clostridium tetani

Waspadai Penyebab dan Gejala Tetanus pada Anak Berikut Ini

Tetanus adalah penyakit yang disebabkan bakteri Clostridium tetani. Penyakit ini dapat dialami oleh anak-anak dan orang dewasa. Beberapa gejala tetanus pada anak, antara lain rahang menjadi kaku, kejang, dan banyak keringat.