Benjolan pada TB Kelenjar kapan mulai menghilang?

A Info Penanya: A
dok, saya sdg menjalani pengobatan tb kelenjar selama 2 bulan, tp benjolan yg ada malh ada yg bertambah, apakah wajar ada penambahan benjolan selama masa pengobatan? dan kira2 kapan benjolan seharusnya sudah mulai hilang?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang A,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Tuberkulosis atau TBC ternyata tidak hanya terjadi pada paru-paru, tetapi juga pada bagian tubuh lain, salah satunya adalah kelenjar getah bening. Kondisi yang disebut TB extrapulmonary atau TB di luar paru ini dapat mengenai selaput otak, tulang, ginjal, rongga perut, kelenjar getah bening, saluran kencing, atau bagian tubuh lainnya termasuk kulit dan pleura.

TBC kelenjar, kasus terbanyak terjadi pada leher yang disebut skrofula. Skrofula merupakan inferksi pada kelenjar getah bening di leher akibat TB yang umumnya ditularkan saat seseorang menghirup udara yang terkontaminasi (Mycobacterium tuberculosis) MTB. Dari paru-paru, kuman TB dapat berpindah ke kelenjar getah bening terdekat, termasuk kelenjar getah bening di leher.

Salah satu tanda khas dari TB kelenjar ini adalah munculnya benjolan pada bagian leher (baik di leher kanan atau kiri) atau kepala. Biasanya benjolan ini akan terus membesar seiring waktu dan tidak nyeri. Penanganan skrofula dapat dilakukan dengan pemberian antituberkulosis yang diberikan selama 6 bulan atau bahkan lebih. Menghilangnya benjolan juga tidak bisa di pastikan tergantung pada individu masing-masing. Jangan lupa untuk selalu konsumsi obat rutin dan kontrol teratur ke dokter paru.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Payudara besar tidak selalu menguntungkan pemiliknya

Masalah Kesehatan Ini Bisa Mengancam Wanita Dengan Payudara Besar

Payudara besar mayoritas dianggap lebih menarik. Namun memiliki ukuran payudara di atas ukuran normal bisa menjadi masalah bagi sebagian wanita. Mulai dari masalah sakit punggung hingga kesulitan dalam hal posisi tidur.