03 Nov 2020, 06:18Penyakit Lainnya

Susah tidur, bagaimana solusinya?

AM
Info Penanya: AM0
Slamat pgi dok,,sy berkerja di bidang pengamanan saat ini sy mengalami gejala susah tidur ketika selesai tugas jaga dan ini sya alami sdah hampir 2 Minggu susah tidur ktika waktu libur kerja/turun jaga..mohon solusi dan obat apa yg cocok di apotek untuk gejala yg sya alami,karna sangat mengganggu waktu istirahat.
317 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, AM.Bekerja di bidang pengamanan tidak mengenal waktu. Seorang pekerja harus bekerja siang ataupun malam, sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Terkadang, seorang pekerja juga mengorbankan waktu tidurnya dan tetap berjaga di malam hari, agar tidak ada ancaman bahaya terhadap objek yang dijaganya.Tetapi akibatnya, waktu tidur menjadi berubah. Terkadang, seseorang sering terpaksa tidur di pagi hingga siang hari, agar dapat terjaga pada malam harinya. Apabila ini dilakukan berkelanjutan, maka jam biologis tubuh yang mengatur kapan harus bangun dan tidur akan berubah.Hal inilah yang kemungkinan dialami oleh Anda. Ketika libur kerja, tubuh Anda tidak terbiasa dengan bangun di siang hari dan tidur di malam hari. Akibatnya, pada siang hari Anda sering merasa mengantuk, dan susah untuk terlelap di malam harinya.Agar jam biologis tubuh dapat kembali normal, Anda dapat mencoba beberapa solusi berikut:
  • Pada saat hari terakhir tugas jaga, usahakan untuk tidak tidur ketika pulang kerja (pagi hari), dan tidur lebih cepat daripada biasanya pada malam hari sekitar pukul 8-9 malam
  • Usahakan terpapar sinar matahari selama minimal 15 menit di pagi hari
  • Pastikan ruang tempat Anda beraktivitas tiap hari memiliki jendela
  • Hindari konsumsi kopi, teh, ataupun minuman berkafein lain
  • Konsumsi makanan yang mengandung magnesium pada malam hari, seperti pisang, brokoli, atau segelas cokelat hangat
  • Masuk ke kamar dua jam sebelum waktu tidur yang telah direncanakan, dan redupkan lampu satu jam sebelumnya
  • Pastikan kondisi kamar dan tempat tidur nyaman
  • Atur suhu kamar dengan tepat, tidak terlalu panas atau dingin
Apabila telah melakukan cara-cara di atas tetapi Anda tak kunjung bisa tidur, konsultasikan masalah ini kepada dokter secara tatap muka. Nantinya, apabila memang dibutuhkan, dokter akan memberikan obat-obatan untuk membantu tidur, yang belum bisa diresepkan secara online karena termasuk obat keras. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
tidurgangguan tidurinsomnia
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil