02 Jul 2021, 00:26Pernapasan

Gejala setelah vaksin sinovac.

MW
Info Penanya: MW0
Mau nanya apakah tenggorokan terasa kering nafas pendek2 termasuk efek samping vaksin sinovac? Saya mengalaminya 1 hari setelah vaksin. Ini jg bersamaan dgn kantuk berat selama 36 jam terakhir dan nafsu makan yg meningkat.
4754 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang MW,Vaksin adalah salah satu upaya pemerintah untuk mencegah penularan virus corona dan agar gejala yang muncul tidak terlalu berat. Karena dengan divaksin artinya Anda akan memiliki antibodi untuk melawan virus sehingga diharapkan jika suatu saat Anda sampai terpapar, maka reaksinya tidak terlalu berat. Namun meski sudah divaksin tentu tetap harus menggunakan masker dan menjaga protokol kesehatan seperti menjaga jarak dan rutin cuci tangan.Perihal keluhan Anda yang mana tenggorokan terasa kering, napas pendek, dan mudah mengantuk maka bisa saja efek samping vaksinnya atau memang ada penyakit lainnya yang terjadi bersamaan ketika Anda divaksin. Karena efek samping setiap orang akan berbeda-beda terhadap vaksin yang digunakan ada yang mudah mengantuk, mudah lapar, pusing, batuk pilek, dll.

Yang perlu dilakukan saat ini adalah meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara:

  • Banyak makan sayur, buah dan protein.
  • Minum air putih yang banyak.
  • Cukup tidur dan jangan bergadang.
  • Minum paracetamol jika badan terasa nyeri semua.
  • Minum antacida jika mual, atau tenggorokan kering. Karena bisa saja tenggorokan yang kering terjadi akibat asam lambung yang naik ke tenggorokan.
  • Minum multivitamin.
Lakukan pemeriksaan ke dokter jika keluhan yang Anda alami semakin banyak dan tidak membaik dengan cara-cara sederhana di atas.Salam sehat,dr. Vina
infeksi tenggorokanmengantukvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil