27 Jun 2021, 08:55Penyakit Lainnya

Gejala setelah vaksin COVID pertama

AD
Info Penanya: AD0
Hai, selamat pagi Dokter, saya akan menerima vaksin covid untuk pertama kali. kira kira efek samping yang biasanya timbul apa saja? oh ya, ada tips khusus kah dok untuk meredakan gejala setaelah dilakukan vaksin?. Makasih dok :)
235 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo A,Vaksin merupakan virus yang dimatikan lalu dimasukkan dalam tubuh dengan sengaja agar terbentu antibodi terhadap virus tersebut. Sebelum melakukan vaksin seseorang harus memenuhi syarat dan juga tidak boleh sedang dalam keadaan sakit. Hal ini disebabkan karena setelah vaksin umumnya dapat terjadi keluhan yang disebut KIPI (Kejadian Ikutan Paska Imunisasi).

Mengatasi KIPI

KIPI pada vaksin covid umumnya akan berupa, demam, pusing, sakit kepala, pegal pada seluruh tubuh maupun hanya pada area penyuntikan hingga keluhan lain seperti lemas, lapar, atau mengantuk. Orang yang sedang tidak benar-benar sehat, dilarang untuk vaksin karena KIPI yang terjadi dapat lebih berat atau justru menyebabkan orang tersebut terinfeksi virus maupun bakteri karena imun tubuh yang menurun setelah pemberian vaksin.Apabila setelah vaksin Anda mengalami KIPI, laporkan gejala apapun yang Anda rasakan kepada lembaga vaksin melalui nomor yang tertera pada kartu vaksin. Selain itu, untuk meringankan keluhan KIPI, Anda boleh mengkonsumsi obat paracetamol 3x sehari setelah makan dengan syarat Anda tidak memiliki alergi terhadap obat paracetamol. Obat boleh dikonsumsi hingga keluhan hilang, umumnya keluhan dapat terjadi selama 1-2x 24jam.Selain konsumsi obat, yang terpenting adalah menjaga asupan nutrisi yang  bergizi dan bed rest setelah vaksin dilakukan agar tubuh dapat lebih fokus dalam membentuk antibodi terhadap vaksin. Hindari melakukan aktivitas yang terlalu melelahkan dan perbanyak minum air. Lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat apabila setelah 3 hari KIPI tidak kunjung sembuh.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
infeksi viruscoronavirusvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil