Gejala setelah minum ASI gumoh cukup banyak dan menyembur, bagaimana cara mengatasinya?

IR Info Penanya: IR, Wanita, 2019 Tahun
Anak saya usia 1 bln 2 minggu, dia sehabis menyusui (Asi) selang beberapa menit setelah di sendawa kan pasti gumoh, gumoh ny ini banyak dan menyembur, kadangkala keluar cairan putih kental dari gumoh ny tersebut, tetapi sampai saat ini berat badan nya terus menunjukan peningkatan. Kira2 apa yg terjadi dengan anak saya yah dok? Dan bagaimana penanganan nya yah dok? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, IR

Apakah anak anda saat ini ASI eksklusif atau diberi sufor juga? Jadi bayi itu bernafas lebih sering melalui mulut, sehingga waktu minum ASI ada udara yang ikut masuk ke pencernaan. Sehingga perlu disendawakan agar udara yang masuk keluar, tujuannya untuk mencegah ASI yang masuk dimuntahkan kembali. Sedangkan ukuran lambung bayi dan daya tampungnya juga masih terbatas. Sehingga bila terlalu banyak akan ada yang menetes keluar. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan yaitu dengan menambah jarak waktu pemberian ASI, misalnya bila sebelumnya tiap 2 jam diubah menjadi 3 jam. Atau bisa saja anda melihat respon bayi anda jadi ASI diberikan bila dia merasa haus. Pastikan juga posisi saat pemberian ASI sudah optimal, karena ada 2 saluran yang bercabang ke kerongkongan dan ke tenggorokan. Bisa saja bila posisi kurang pas, bayi anda akan tersedak. Untuk konsultasinya bisa dengan Dokter laktasi yang sudah tersedia di beberapa RS.

Bila berat badannya terus meningkat, anda perlu melihat di grafik pertumbuhan yang sering disediakan dari Dokter anak anda. Apakah sesuai pertumbuhan berat badan dengan usianya saat ini. Bila sesuai atau lebih baik dari posisi sebelumnya di grafik berarti nutrisinya cukup dan pemberian ASInya sudah oke.

Fakta tentang menyusui pada bayi

- kebutuhannya bervariasi tergantung dari usia bayinya

- bayi anda dan tubuh anda akan memberikan tanda kapan waktunya memberi ASI

- tidak ada namanya kelebihan ASI tapi tidak boleh sampai kurang diberikan ASI.

Lebih baik memberikan ASI sesuai permintaan daripada dijadwalkan. Karena menyusui untuk bayi lebih ke instingnya, dan disesuaikan dengan kebutuhannya untuk tumbuh dan berkembang. Bila diberikan sesuai permintaan maka tubuh anda dan bayi anda akan lebih sinkron, beda bila diberikan dalam waktu tertentu. 

Bagaimana ya tanda-tandanya sudah perlu minum ASI lagi? Bayi anda akan lebih bangun, menaruh tangan atau jarinya di dalam mulut, membuat suara mengecap, mengeluarkan lidah. Sebetulnya tandanya cukup jelas. Tubuh anda juga memberi sinyal saat payudara terasa penuh. ASI perlu diberikan atau ditampung dulu bila bayinya belum meminta ASI.

Setelah usia 3-4 bulan biasanya mulai tampak pola pemberian ASI yang teratur. Memastikan tubuh anda siap memberikan ASI kapanpun bayi anda minta akan memastikan pertumbuhan yang baik, asupan nutrisi dan juga kontak batin antara bayi dan ibunya.

Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Memilih tempat duduk yang strategis dapat dijadikan tips membawa bayi saat nonton bioskop

5 Tips Untuk Membawa Bayi Nonton Bioskop

Membawa bayi ikut nonton bioskop memang harus menyiapkan beberapa hal agar bayi tetap nyaman. Terdapat beberapa tips membawa bayi nonton bioskop, salah satunya adalah memilih film yang tidak mengagetkan bayi.