16 Jul 2019, 03:29Kandungan

Gejala seperti akan menstruasi

E
Info Penanya: E, Wanita, 23 Tahun
Dokter, sy ingin bertanya.. Sy wanita usia 23 tahun 10 bulan. Tp sy belum siap utk hamil karena suami msh dinas diluar kota selama bberapa bulan. Setiap pulang kami berhubungan badan tp dikeluarkan diluar dgn maksud menunda kehamilan. Tp pada tgl 5 Juli sy berhubungan badan di akhir haid sy dan dikeluarkan di luar vagina, kemudian empat hari kemudian tgl 9 Juli sampai skrg seperti gejala akan mens sy merasa perut bawah nyeri dan sebelah kanan jg nyeri, kemudian keluar cairan licin tp bukan keputihan, kadang keputihan dan flek coklat juga. Perut terasa penuh atau kembung. Payudara agak kencang dan disentuh agak sakit. Kira kira ini karena apa ya dok? Dan apa yg harus sy lakukan. Terimakasih.
31682 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Andre Zaini
(0)
Selamat siang, ETerakhir kali berhubungan pada saat baru selesai menstruasi dan dikeluarkan diluar vagina. Kemungkinan untuk hamil tidak terlalu besar. Namun keluhan yang anda deskripsikan bisa jadi tanda awal dari kehamilan.Berikut tanda-tanda awal kehamilan :1. Flek dan kram : pada saat terjadi pembuahan bisa timbul flek dan kadang disertai kram. Keluhannya serupa dengan kram saat mau menstruasi. Cairan putih yang keluar bisa jadi akibat penebalan dinding vagina setelah terjadi pembuahan. Bila keputihan disertai gatal, rasa terbakar atau bau tidak sedap, kemungkinan disertai infeksi bakteri atau jamur.2. Perubahan payudara : payudara akan nyeri dan bengkak. Area sekitar puting susu akan tampak lebih gelap. Ini disebabkan adanya peningkatan hormon untuk persiapan kehamilan dan menyusui.3. Mudah lelah : akibat lain dari peningkatan hormon, disertai juga menurunnya kadar gula darah, turunnya tekanan darah dan peningkatan produksi darah.
4. Mual (morning sickness) : akibat penyesuaian perubahan kadar hormon dalam tubuh5. Telat datang bulan 
6. Sering kencing7. Sulit buang air besar8. Mood swings9. Nyeri kepala dan nyeri punggung10. Pusing dan pingsan Tidak semua gejala atau tanda bisa muncul. Kadang hanya satu atau dua. Anda hanya perlu memastikan dengan test pack apakah terjadi kehamilan. Setelah itu diskusikan dengan Dokter Spesialis Kandungan untuk tatalaksana selanjutnya.Salam Sehat,dr. Andre Zaini
tes kehamilankesehatan wanitapemeriksaan kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil