TANYA DOKTER

Gejala sakit dada tengah saat bernafas, apa penyebabnya?

Team SehatQ

Dijawab oleh: dr. Andre Zaini

Selamat malam, EL

Terima kasih, telah bertanya di Forum SehatQ

Nyeri dada di bagian tengah saat bernafas ataupun bergerak, apakah sebelumnya pernah terbentur? Apakah anda baru berolahraga atau aktivitas fisik yang tidak seperti biasanya? Apakah disertai demam? Banyak hal yang perlu dipastikan karena nyeri dada banyak penyebabnya.

Berdasarkan deskripsi anda ada kemungkinan disebabkan karena nyeri otot. Saat bergerak atau bernafas otot dada juga ikut kontraksi dan relaksasi. Sehingga bisa mengakibatkan nyeri. Namun mengingat sakit di daerah dada ada kemungkinan akibat gangguan di jantung maka sebaiknya anda dievaluasi dulu di RS terdekat.

Berikut fakta tentang nyeri dada akibat jantung. Nyeri dada / angina (angina pectoris) adalah perasaan tidak nyaman atau seperti ditekan, biasanya di dada. Nyeri dada terjadi jika tidak cukup darah yang mengalir ke dalam jantung. Biasanya akibat sumbatan di pembuluh darah arteri atau menurunnya aliran darah yang membawa oksigen ke dalam jantung. Angina biasanya hilang dengan cepat. Namun itu adalah tanda bahaya dan harus berobat ke dokter untuk evaluasi lebih lanjut.

Selain nyeri dada anda juga bisa merasakan pegal, panas, tidak nyaman, terasa penuh, seperti ditekan, seperti diremas. Nyeri pas ditengah dada, bisa menyebar ke bahu, lengan, leher, rahang atau punggung.

Untuk mencegah gejala, biasanya perubahan gaya hidup dan obat-obatan. Gejala angina stabil biasanya hanya beberapa menit dipicu oleh stress atau aktivitas fisik. Sedangkan yang tidak stabil, dirasakan saat istirahat atau sedang tidak beraktivitas. Nyerinya kuat, berlangsung lama dan sering hilang timbul.

Tatalaksananya dengan menggunakan obat-obatan, pemasangan cincin (ring) jantung, atau operasi jantung.

Sementara untuk perawatan di rumah :

  • Saat nyeri, hentikan aktivitas dan istirahat.
  • Hindari stress atau olahraga berat
  • Stop merokok
  • Diet sehat untuk jantung, rendah garam (hipertensi), rendah gula dan rendah lemak (kolesterol). Banyak makan buah dan sayuran, ikan, daging tanpa lemak, atau susu rendah lemak.
  • Kegiatan relaksasi seperti meditasi, latihan nafas atau yoga

Selain sakit jantung, nyeri dada bisa disebabkan karena masalah di paru-paru, kerongkongan, otot, tulang iga atau saraf.

  • paru-paru bisa akibat infeksi pneumonia, abses paru, asma, radang selaput paru (pleuritis)
  • saluran cerna bisa akibat asam lambung (GERD), tukak lambung, radang pancreas, batu empedu
  • otot, tulang dan saraf, misalnya di tulang iga, radang otot dan sendi atau infeksi herpes
  • problem psikis, misalnya gangguan kecemasan atau serangan panik

Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat, 

dr. Andre Zaini

0 Komentar

Diskusi Pengalaman Anda

Kirim
Back to Top